IBL

CLS Knights Indonesia berusaha meraih kemenangan keempat pada gelaran Asean Basketball League (ABL) 2017-2018 ini. Melakoni laga ke-13 dengan menjamu San Miguel Alab Pilipinas di GOR Kertajaya, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 11 Februari 2018, CLS Knights gagal keluar sebagai pemenang. Alab berhasil menutup pertandingan dengan keunggulan skor 80-73.

Renaldo Balkman menjadi penampil terbaik dengan dobel-dobel 36 poin dan 10 rebound. Justin Brownlee juga mencetak dobel-dobel dengan 16 poin plus 12 rebound. Pemain lokal mereka, Bobby Ray Parks Jr. 17 poin dan 4 asis.

Dari kubu tuan rumah, Brian Williams juga meraih dobel-dobel 24 poin dan 17 rebound. Duet pemain baru CLS, Shane Edwards dan Keith Jensen memberi sumbangsih yang cukup bagus dengan masing-masing mencetak 17 dan 12 poin. Sementara Mario Wuysang berkontribusi 13 poin dan 6 asis.

Laga langsung dimulai dengan tempo cepat. Serangan-serangan cepat diselingi beberapa tembakan jarak jauh membuat pertandingan berlangsung seru. Pemain andalan Alab, Brownlee tampil sangat cemerlang di kuarter pertama dengan memasukkan 4 dari 4 tembakan tiga angkanya. Alab menutup kuarter ini dengan keunggulan 25-19.

Kuarter kedua dibuka dengan ceroboh oleh kedua tim. Secara bergantian mereka membuat kesalahan-kesalahan sendiri. CLS Knights cukup efisien memanfaatkan beberapa kesalahan Alab. Tim asuhan Koko Heru Setyo Nugroho ini berbalik unggul 42-41 saat kuarter dua menyisakan satu menit. Akan tetapi, Alab berhasil mengakhiri kuarter dua dengan kembali unggul 47-43 setelah center andalan mereka, Balkman mencetak empat angka berturut.

Setelah jeda paruh babak, kedua tim tampil berbeda. Mengurangi tempo, keduanya berusaha lebih banyak memainkan permainan dengan pola. Tembakan jarak menengah Jensen berhasil membuat CLS Knights menipiskan ketinggalan menjadi 41-43 di lima menit kuarter tiga berjalan. Pemain baru CLS Knights lainnya, Edwards tampil gemilang di lima menit sisa kuarter tiga. Pemain bernomor punggung 31 ini bahkan membawa CLS mengakhiri kuarter tiga dengan keunggulan 60-59 melalui tembakan jarak dekatnya.

Sepuluh menit terakhir pertadingan, CLS berusaha menjaga asa memenangi pertandingan. Akan tetapi, Alab tentu tidak mau mengalah begitu saja. Brownlee kembali menyerang pertahanan CLS lewat tembakan-tembakannya. Seorang diri ia mencetak delapan poin beruntun untuk menjauhkan Alab 67-60. CLS Knights benar-benar kerepotan menghadapi duet Brownlee dan Balkman. Keduanya bergantian mencetak angka hingga membawa Alab memenangi pertandingan dengan skor 80-73.

“Masalah kami selalu sama. Anak-anak tidak berjuang hingga akhir. Di kuarter empat kami selalu kehilangan fokus. Berdasarkan statistik, kami terlalu memforsir tembakan tiga angka dan jarang memanfaatkan dua angka. Semakin buruk setelah kami hanya memasukan 3 dari 25 tembakan kami. Padahal di statistik lain kami sudah tampil cukup baik,” ujar Koko Heru seusai laga.  

Ini merupakan kekalahan ke-10 CLS dari 13 pertandingan yang sudah mereka lakoni. Laga selanjutnya juga tidak mudah karena mereka akan menjamu Saigon Heat di GOR Kertajaya.

Foto: Alex Anggriawan

 

Komentar