IBL

Los Angeles Clippers menolak untuk terpecah-belah. Setelah kegagalan di ronde pertama Playoff NBA 2024, banyak yang mengira Clippers akan mengakhiri proyek mereka dan coba melakukan perubahan masif. Namun, yang terjadi sekarang mengindikasikan hal yang berbeda. 

Hal ini bisa dilihat dari kepercayaan manajemen Clippers kepada kepala pelatih mereka, Tyronn Lue. Clippers dikabarkan The Athletic baru saja menyepakatu perpanjangan kontrak dengan Lue. Tak main-main, tim yang dimiliki Steve Ballmer ini memberikan kontrak lima tahun senilai hampir AS$70 juta. Catatan ini membuat Lue menjadi salah satu pemain dengan bayaran termahal di NBA. 

Kesepakatan ini benar-benar membuat persaingan harga kepala pelatih NBA semakin memanas. Sebelumnya, di jeda musim panas tahun lalu, Monty Williams merapat ke Detroit Pistons dengan harga AS$78,5 juta selama enam musim. Erik Spoelstra juga mendapatkan bayaran besar dengan AS$120 juta selama delapan tahun. Namun, jumlah per tahun Spoelstra masih kalah dari Steve Kerr yang mendapatkan kontrak dua musim AS$35 juta. 

Lue sudah menangani Clippers sejak musim 2020-2021, tepat setelah tim memecat Doc Rivers. Kala itu, Lue adalah asisten dari Rivers. Lue berhasil membawa Clippers lolos ke Final Wilayah Barat untuk kali pertama dalam sejarah organisasi pada musim yang sama. Sayangnya, mereka kala itu harus tumbang di tangan Phoenix Suns. Lue sendiri sudah pernah menjadi juara NBA sebagai kepala pelatih bersama Cleveland Cavaliers di 2016. 

Langkah memperpanjang Lue bisa menjadi indikasi awal bahwa Clippers akan fokus pada kontrak bintang-bintang mereka, Kawhi Leonard, James Harden, dan Paul George. Dua nama terakhur akan menjadi unrestricted free agent. Harden tampaknya tak mendapatkan banyak penawaran, tapi George benar-benar menjadi sasaran banyak tim. 

Musim depan adalah musim yang tepat untuk Clippers memberikan gebrakan di NBA. Mereka akan pindah ke rumah baru mereka, terpisah dari Los Angeles Lakers untuk kali pertama sepanjang sejarah. Clippers akan memiliki kandang baru dengan nama Intuit Dome yang menegaskan bahwa Clippers adalah kekuatan baru yang siap keluar dari bayang-bayang Lakers. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar