IBL

Damian Lillard menjadi salah satu pemain papan atas yang belum pernah menjadi juara NBA. Kedatangan ke Milwaukee Bucks menjadi upaya Lillard untuk menyentuh trofi Larry O’Brien. Sayangnya, Bucks malah kandas di ronde pertama playoff.

Dilansir melalui laman Fadeaway World, Lillard mengungkapkan perasaannya setelah gagal merebut gelar tahun ini. Pada ronde pertama playoff, Bucks takluk dari Indiana Pacers. Bucks sendiri memasuki playoff sebagai unggulan ketiga dengan rekor 49-33.

“Sulit untuk terus menyaksikan NBA saat Anda mencapai babak playoff kemudian tersingkir di babak awal. Pada babak pertama itu, semua orang bersemangat. Seiring berjalannya waktu, semakin sedikit tim yang bertahan,” kata pemain berusia 33 tahun itu.

Menariknya, perebutan gelar NBA 2023-2024 ini menjadi panggung pemain-pemain muda. Memasuki babak Final Wilayah, ada empat tim yang pemainnya akan merebut gelar perdananya. Dan usia mereka masih di bawah 30 tahun.

Ada Anthony Edwards dari Minnesota Timberwolves. Jayson Tatum dan Jaylen Brown dari Boston Celtics. Luka Doncic dari Dallas Mavericks. Bahkan Tyrese Haliburton dari Indiana Pacers.

“Jadi, lihat saja sekarang. Ada empat tim yang tersisa. Seseorang akan memenangkan gelar pertama mereka pada musim ini. Jadi, sulit bagi pemain lain yang tersingkir dari persaingan untuk melihat kembali perebutan gelar tahun ini,” ujar Lillard.

Lillard diakuisisi dari Portland Trail Blazers pada September 2023 setelah menghabiskan 12 tahun di tim tersebut. Pertukaran itu juga melibatkan Phoenix Suns. Untuk mendapatkan Lillard, Bucks harus merelakan Jrue Holiday. Pada akhirnya, Boston Celtics yang mendapatkan Jrue.

Setelah Lillards pindah ke Milwaukee, tim tersebut digadang-gadang sebagai salah satu kandidat juara. Tetapi perjalanan Bucks berliku. Meski sudah menjadi unggulan kedua, mereka justru memecat pelatih Adrian Griffin pada Februari 2024. Posisi digantikan oleh Doc Rivers. Posisi Bucks malah melorot di unggulan ketiga.

Tidak hanya masalah penyesuaian diri dengan pelatih baru. Laju Bucks di playoff juga terhambat karena cedera. Giannis Antetokounmpo melewatkan tiga gim terakhir musim reguler dan tidak bermain di babak playoff.

Sementara itu, pada musim pertamanya dengan Bucks, Lillard bermain dalam 73 gim. Ia mencatat rata-rata 24,3 poin, 4,4 rebound, 7,0 asis dengan akurasi tembakan 42,4 persen. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar