IBL

Terdapat tiga pemain yang diragukan tampil saat Milwaukee Bucks bersiap menghadapai Indiana Pacers untuk Gim 4 Playoff NBA Wilayah Timur putaran pertama, hari Minggu (28/4) waktu Amerika Serikat. Mereka adalah Giannis Antetokounmpo, Damian Lillard, dan Khris Middleton. Mereka adalah tiga pemain terbaik yang dimiliki Bucks yang kemungkinan akan absen pada pertandingan yang akan berlangsung di Indianapolis tersebut. 

"Sebagai catatan, ketika mereka absen, itu sangat menyedihkan," kata Pat Connaughton, dalam sesi wawancara setelah latihan hari Sabtu. 

Bucks telah menyerahkan laporan cedera pertama mereka untuk Gim 4 di Indianapolis. Antetokounmpo memulai playoff dengan laporan cedera akibat cedera soleus (betis) kiri, yang dideritanya pada 9 April melawan Boston Celtics. 

Lillard bergabung dengan laporan cedera Bucks dengan cedera Achilles kanan yang dideritanya pada salah satu permainan terakhir kuarter keempat dari kekalahan 118-121 di Gim 3 dalam perpanjangan waktu. Bucks memasukkannya sebagai pemain yang diragukan tampil karena tendonitis Achilles kanannya. 

Middleton terdaftar kemungkinan untuk Gim 4 karena cedera pergelangan kaki kanan. Dia bermain melalui cedera yang sama dalam perjalanannya untuk meraih 42 poin dalam 41 menit di Gim 3 pada hari Jumat. 

Kepala pelatih Milwaukee Bucks Doc Rivers memberikan kabar terkini tentang cedera Giannis Antetokounmpo. Meski ada perkembangan yang bagus, namun pelatih Rivers pesimistis Giannis bisa tampil di Gim 4. "Dia akan berlatih besok. Akan bekerja keras, lebih awal, dan kemudian kami akan mengambil keputusan," kata Rivers. "Saya meragukannya. Tapi kita lihat saja nanti."

Milwaukee Bucks kalah di Gim 2 dan 3 dan tertinggal 1-2 di babak pertama playoff. Antetokounmpo belum pernah tampil di pertandingan playoff sejauh ini. Pelatih Rivers mengatakan kepada wartawan bahwa mereka masih perlu memastikan segalanya berjalan baik bagi Middleton. Tetapi pelatih Rivers merasa yakin Middleton masih bisa bermain, dan membantu Bucks bangkit. 

Mengetahui Bucks mungkin tanpa Antetokounmpo dan Lillard di Gim 4, Pat Connaughton menegaskan Bucks tidak berencana menyerah begitu saja dan bagaimana mereka menjaga semangat mereka. 

"Saya pikir bagi kami, ini adalah sifat kompetitif kami," kata Connaughton. "Kami yakin kami memiliki ruang ganti yang berisi pemain-pemain hebat dan kami memiliki pemain-pemain yang bisa memiliki 'mentalitas pemain berikutnya' dan bisa bermain. Kami memiliki orang-orang yang telah menghadapi berbagai situasi dan jelas berhasil di masa lalu, terutama di playoff. Jadi, pastikan kami  bersandar pada mereka." 

Jika Bucks ingin membuat kejutan besar tanpa Antetokounmpo dan Lillard, Bucks harus bermain dengan tujuan yang nyata di kedua sisi. Secara defensif, akan mudah untuk melanjutkan Game 3. Mereka kebobolan 32 poin dari peluang kedua (second chance) melalui 19 rebound ofensif yang dilakukan Pacers. Jika Bucks melakukan upaya kolektif untuk mengurangi kesempatan kedua, maka mereka akan tampil lebih baik dalam bertahan. 

Secara ofensif, mungkin sedikit lebih sulit, tetapi ini juga tentang bermain dengan kolektifitas tim. Bucks mengungguli Pacers di tiga kuarter terakhir Gim 3, namun performa mereka di kuarter pertama sangat buruk sehingga mereka hanya bisa menyamakan kedudukan di tiga kuarter terakhir dan memaksakan perpanjangan waktu. Untuk pertandingan kedua berturut-turut, Bucks kehilangan disiplin mereka dalam menyerang dan mereka harus membayarnya dengan kekalahan. 

"Kami tinggal satu pertandingan lagi untuk menjadi seri," kata pelatih Rivers. "Ini adalah babak playoff. Sesuatu bisa saja terjadi. Tentu saja Anda tidak ingin ada pemain cedera, tetapi ketika hal itu terjadi, Anda hanya perlu bertahan di satu pertandingan sampai Anda menemukan lebih banyak pemain yang kembali dan itulah yang harus Anda lakukan." (*)

Foto: ESPN

Komentar