IBL

Salah satu gelar di NBA Award yang rasanya sudah terkunci sejak tengah musim adalah gelar ruki terbaik. Benar saja, NBA melalui pengumuman resminya Senin (6/5), waktu setempat, memberikan gelar tersebut kepada ruki San Antonio Spurs, Victor Wembanyama. 

Pemain yang akrab disapa Wemby ini memang tampil sangat dominan di dua bagian permainan. Tampil 71 gim, Wemby menorehkan catatan 21,4 poin, 10,6 rebound, 3,9 asis, dan 3,6 blok per gim. Wemby memimpin barisan ruki untuk poin, rebound, dan blok per gim. Catatan blok ini jadi yang tertinggi di musim 23-2024. 

Pemain berusia 20 tahun ini juga jadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang menorehkan setidaknya 1.500 poin, 250 blok, dan 100 tripoin masuk dalam satu musim. Sekali lagi ditekankan, ini adalah musim pertama Wemby. Wemby juga jadi pemain asal Prancis pertama yang membawa gelar ini. Untuk organisasi Spurs, Wemby adalah pemain ketiga setelah David Robinson dan Tim Duncan yang punya gelar ini. 

Wemby total membukukan 43 dobel-dobel dan dua tripel-dobel. Salah satu tripel-dobelnya terjadi melawan Toronto Raptors Februari lalu. Menariknya, catatan itu melibatkan poin, rebound, dan blok. Wemby adalah pemain pertama dalam lebih dari tiga tahun terakhir yang mebukukan tripel-dobel dengan blok. 

NBA juga merilis hasil pemungutan suara untuk gelar ruki terbaik ini. Dari total 99 suara yang ada, seluruhnya menempatkan Wemby di urutan pertama. Wemby adalah pemain pertama sejak 2015-2016 yang mendapatkan gelar ini secara mutlak. Pada musim itu, Karl-Anthony Towns yang membawa pulang gelar yang sama.

Pemain yang finis di urutan kedua untuk gelar ini adalah Chet Holmgren dengan 98 suara. Satu suara menempatkan Chet di urutan ketiga. Adapun untuk peringkat tiga mayoritas suara jatuh kepada Brandon Miller. Pemain Miami Heat, Jaime Jacquez Jr. mendapatkan 10 suara di peringkat tiga. Empat suara peringkat tiga jatuh pada pemain Golden State Warriros, Brandin Podziemski. Satu suara terakhir menjadi milik Dereck Lively II. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar