IBL

Semakin mendekati akhir dari perjalananya, NBA musim 2023-2024 secara berkala memberikan pengumuman penghargaan-penghargaan individu. Setelah deretan gelar perseorangan, terbaru NBA mengumumkan daftar NBA All-Rookie Team yang terdiri dari dua bagian, First Team dan Second Team. 

Tentu saja, peraih gelar ruki terbaik, Victor Wembanyama, memimpin daftar ini. Pemain yang akrab disapa Wemby ini memang tampil layaknya veteran. Dalam 71 gim, Wemby mencetak 21,4 poin, 10,6 rebound, 3,9 asis, dan 3,6 blok per gim. 

Wemby memimpin barisan ruki untuk catatan poin, rebound, dan blok. Bahkan, rataan bloknya adalah yang tertinggi di NBA secara keseluruhan. Wemby juga meemcahkan rekor sebagai pemain pertama dalam sejarah NBA yang mencetak setidaknya 1.500 poin, 250 blok, dan 100 tripoin dalam satu musim reguler. 

Wemby tentu saja didampingi oleh peringkat dua ruki terbaik, Chet Holmgren. Kedua pemain ini menyapu bersih seluruh 99 suara untuk menempatkan mereka sebagai All-Rookie First Team. Holmgren adalah satu-satunya lawan sepadan Wemby untuk gelar ruki terbaik. 

Mendampingi keduanya adalah ruki pilihan kedua NBA Draft 2023, Brandon Miller. Meski memulai musim dengan cukup sulit, Miller menutup musim dengan solid melalui sumbangsih 17,3 poin, 4,3 rebound, dan 2,4 asis per gim. Miller mendapatkan 97 suara di First Team dan 2 suara di Second Team. 

Dua nama lain adalah dua nama yang tidak terlalu terlihat saat malam draft tapi memberikan performa di luar ekspektasi sepanjang musim yakni Jaime Jacquez Jr. dan Brandin Podziemski. Bermain dengan tim yang sudah memiliki barisan inti yang mumpuni, kedua pemain ini berhasil mengisi lubang-lubang yang tersisa dengan baik. Jaime bahkan sempat masuk perbincangan ruki terbaik di separuh awal musim 2023-2024. 

Untuk Second Team, pemain Dallas Mavericks, Dereck Lively II memimpin daftar. Lively mendapatkan 67 suara di Second Team dan 26 suara di First Team. Lively memainkan peran yang sangat besar sebelum Daniel Gafford datang di tengah musim untuk Mavericks. Pun demikian, ia pun bermain tetap solid dari bangku cadangan, utamanya di Playoff. 

Berturut di belakang Lively adalah Amen Thompson dari Houston Rockets, Keyonte Goerge yang membela Utah Jazz, Cason Wallace yang menyala dengan Oklahoma City Thunder di akhir musim, dan GG Jackson yang mendapatkan berkah dari banyaknya cedera di Memphis Grizzlies. 

Berjarak satu total suara dengan pemain-pemain di atas adalah Trayce Jackson-Davis dari Golden State Warriors. Pemain dengan akronim TJD ini punya 42 suara di Second Team, tanpa ada suara di First Team. Total poinnya adalah 42 sedangkan GG Jackon 43 poin dengan rincian 5 suara FIrst Team dan 33 suara Second Team. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar