IBL

Victor Wembanyama mungkin menjadi ruki yang paling banyak dibicarakan. Tetapi dalam perebutan Rookie of the Year, Wemby bersaing sengit dengan Chet Holmgren. Pekan ini pemain Oklahoma City Thunder itu menggeser Wemby dari puncak peringkat ruki terbaik.

Meroketnya performa Thunder juga menjadi salah satu Chet bisa berada di puncak klasemen. Thunder (11-4) percaya diri menempel Minnesota Timberwolves (11-3) di papan atas Wilayah Barat.

Selain itu, Thunder tidak terkalahkan dalam 6 laga terakhir. Mereka memetik kemenangan masing-masing dari Phoenix Suns, San Antonio Spurs, dua kali menjungkalkan Golden State Warriors, Portland Trail Blazers, dan Chicago Bulls.

Memang rekor menang-kalah tim tidak menjadi patokan penilaian Rookie of the Year. Tetapi saat selisih menang-kalah besar, perolehan tim menjadi perbandingan yang cukup adil.

Thunder dipimpin oleh Shai Gilgeous-Alexander (34,1 ppg) sebagai peraih skor terbanyak. Chet juga berpengaruh banyak. Pilihan kedua NBA Draft 2022 itu menjadi top skor ketiga Thunder setelah Jalen Williams (17,5 ppg). Chet memiliki rataan 17,1 poin per gim. Catatan itu membuatnya disandingkan dengan Kevin Durant pada 2007-2008.

Kedalaman skuad Thunder juga yang membuat Chet tampak lebih membara dibanding Wemby dari segi raihan tim. Thunder diperkuat SGA, Jalen Williams, Josh Giddey, Luguantz Dort, hingga Isaiah Joe.

Dari segi statistik, Wemby lebih unggul. Pemuda asal Prancis itu mencatat 18,6 poin, 9,1 rebound, dan 2,6 blok per gim. Tetapi ia juga harus menggendong Spurs. Mereka masih berjuang di papan bawah.

Spurs berada di dasar klasemen Wilayah Barat. Berbanding terbalik dengan raihan Chet dengan Thunder. Spurs baru menang 3 kali dari 15 gim. Kemenangan terakhir terjadi pada 2 November lalu. Kemenangan Spurs masing-masing dari Suns dan Rockets.

Faktor yang membuat Wemby tersisih di puncak klasemen ruki terbaik juga karena raihan plus/minusnya terus menurun. Wemby berada di -114 dalam 14 gim. Dibandingkan dengan Chet yang memiliki +73 di periode yang sama. (rag)

Foto: Noah Graham/NBAE via Getty Images

Komentar