IBL

Victor Wembanyama dan Chet Holmgren menjadi pilihan favorit sebagai Rookie of the Year. Legenda NBA Shaquille O'Neal memberikan penilaiannya soal siapa yang lebih layak mendapatkan gelar sebagai ruki terbaik tahun ini.

Saat membawakan acara TNT bersama Kenny Smith dan Charles Barkley, mereka membahas soal penilaian pemilihan ruki terbaik antara aspek rekor tim dan statistik individu. Kedua aspek itu yang menjadi sisi bertolak belakang antara Wemby dan Chet.

Wemby menempati klasemen sementara ruki terbaik 2024 saat ini. Pilihan pertama NBA Draft 2023 itu mencatat 19,6 poin, 10,3 rebound, dan 3,2 blok per gim. Tapi Spurs menjadi tim terburuk dengan rekor 7-33.

Chet di posisi kedua. Secara tim, Chet lebih beruntung bersama Oklahoma City Thunder. Dengan skuad yang lebih mumpuni, Thunder bertengger sebagai unggulan kedua Wilayah Barat dengan 28-13. Tetapi secara statistik individu, Chet di bawah Wemby. Chet mengumpulkan 17,4 poin, 7,3 rebound, dan 2,5 blok per gim.

Smith sendiri memuji Chet atas kontribusinya memberi Thunder laju yang meyakinkan. Lalu Shaq memberikan pendapatnya. Sebagai mantan pemain yang pernah menjadi ruki terbaik tahun 1993, Shaq memilih Wemby.

“Ruki terbaik harusnya untuk Victor. Secara tim, Chet bermain di tim yang hebat. Spurs tidak hebat. Namun, secara individu, ada sedikit keunggulan bagi Victor,” kata MVP 2000 tersebut.

Perdebatan ruki terbaik itu dimulai saat Smith mengajukan skenario seandainya Wemby bermain untuk Thunder. Menurut Smith, belum tentu juga tim tersebut akan membaik. Tetapi skenario itu direspon oleh Shaq dan Barkley. Barkley berpendapat bahwa Chet terlihat lebih sukses karena ia memiliki rekan tim yang unggul.

Smith mengakhiri diskusi dan mengakui pendapat Shaq dan Barkley. Ia menyimpulkan bahwa ruki terbaik tahun ini layak didapatkan oleh Wemby. Jadi, mari kita tunggu siapa ruki terbaik pada April mendatang. (rag)

Foto: Mike Kirschbaum, Logan Riely/NBAE via Getty Images

Komentar