IBL

Ada yang berbeda dalam pengumuman Rookie of the Year 2024. Tidak berlangsung biasa saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Ada konsep istimewa saat gelar itu jatuh ke Victor Wembanyama.

Wemby, sapaan akrab Wembanyama, itu diberi kejutan saat menerima gelar ruki terbaik tahun ini. Dalam video yang diunggah oleh Fanatics itu, Wemby tampak dibawa ke dalam sebuah ruangan khusus.

Di dalam ruangan itu, terdapat jersey dan foto para ruki terbaik NBA. Tak lama setelah Wemby melihat-lihat pameran itu, kejutan dimulai. Tiba-tiba foto Jason Kidd (ROY 1994-1995) berbicara.

“Hai, Victor. Ini Jason Kidd,” ucap Kidd yang diikuti raut terkejut Wemby. Disusul foto-foto ruki terbaik lainnya. Lampu padam kemudian video-video ucapan selamat berdatangan dari para legenda dan pemain NBA itu.

Mereka mengucapkan selamat atas terpilihnya Wemby sebagai ruki terbaik tahun ini. Dalam pemilihan ROY 2024, Wemby menang mutlak. Pemain asal Prancis itu memperoleh sebanyak 99 suara pada posisi pertama.

“Hai, Victor. Saya hanya ingin mengucapkan selamat atas musim pertama yang sangat fantastis. Saya melihatmu datang dengan semua hal sensasional. Kamu telah melakukannya,” ucap Grant Hill, ROY 1994-1995 bersama Kidd.

Rekan Wemby di San Antonio Spurs terdahulu, David Robinson juga memberikan pesan. “Kamu mewakili Spurs, mewakili dirimu sendiri, dan mewakili Prancis. Semuanya,” kata ROY 1989-1990.

Baca juga: Victor Wembanyama Raih Gelar Ruki Terbaik Secara Mutlak!

Kemudian Allen Iverson (ROY 1996-1997), Vince Carter (ROY 1998-1999), Shaquille O’Neal (ROY 1992-1993), hingga Pau Gasol (ROY 2001-2002) memuji penampilan Wemby di musim pertamanya. Wemby mencatat 3,6 blok per gim dan menjadi yang tertinggi di liga musim ini.

“Kamu akan, ketika semuanya sudah dikatakan dan dilakukan, menjadi salah satu big man terhebat yang pernah ada,” tutur Shaq.

Suasana semakin emosional untuk Wemby. Tiba saatnya LeBron James muncul pada bagian akhir. Pencetak poin terbanyak sepanjang masa itu memberikan pesan menyentuh untuk Wemby dalam sebuah video.

“Saya hanya ingin mengucapkan selamat. Kami senang bersamamu menjadi bagian dalam liga yang luar biasa ini. Terus lakukan. Terus menjadi lebih baik. Kamu memang pantas menjadi Rookie of the Year. Ini baru permulaan,” ucap LeBron.

Wemby memulai sebagai pilihan teratas NBA Draft 2023. Ia memenuhi ekspektasi sebagai ruki istimewa. Pada musim 2023-2024, Wemby mencatat rata-rata 21,4 poin, 10,6 rebound, dan 3,9 asis. Wemby pun masuk sebagai finalis Defensive Player of the Year 2024 bersama Rudy Gobert dan Bam Adebayo. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar