IBL

Philadelphia 76ers memberi penghormatan kepada Allen Iverson. Wujud Iverson diabadikan dalam bentuk patung yang terletak di Legends Walk di kompleks latihan Sixers di Camden, New Jersey. Acara peresmian itu dilakukan pada Jumat (12/4) waktu setempat.

“Saya telah mencapai banyak hal dalam karier saya. Tetapi diabadikan dalam bentuk patung seperti ini adalah yang terbaik. Tidak ada yang lebih baik dari ini,” kata Iverson dilansir melalui laman CBS Sports.

Patung tersebut dibuat oleh seniman Chan Fisher. Ia merupakan seniman asal Philadelphia yang juga membuat patung sembilan legenda Sixers lainnya. Selain itu Fisher juga membuat beberapa patung untuk Chicago Bears.

Iverson menjadi pemain ke-10 yang diabadikan dalam bentuk patung. Ia bersanding dengan legenda Sixers lainnya yaitu Charles Barkley, Wilt Chamberlain, Julius Irving, Maurice Cheeks, Moses Malobe, Billy Cunningham, Hal Greer, Bobby Jones, dan Dolph Schayes.

Iverson mengawali kariernya sebagai pilihan pertama NBA Draft 1996 oleh Sixers. Pemain berjuluk The Answer itu menghabiskan satu dekade di Philadelphia. Diawali sebagai ruki terbaik, masuk 11 kali All-Star, dan empat kali top skor liga. Dalam puncak kariernya, Iverson membuat rata-rata 31,1 poin per game dan membuatnya menyabet gelar MVP 2001.

Dari catatan tersebut, Iverson merupakan salah satu dari pemain hebat yang tidak memiliki cincin juara. Capaian terbaiknya adalah Final NBA 2001 tapi kalah 1-4 dari Los Angeles Lakers. Setelah meraih gim 1, Sixers tak kuasa menahan gempuran Lakers yang diperkuat Shaquille O’Neal dan Kobe Bryant.

Kemudian Iverson menghabiskan waktunya di Denver Nuggets (2006-2008), Detroit Pistons (2008-2009), Memphis Grizzlies (2009), dan kembali ke Sixers lagi pada 2009-2010. Sebelum pensiun, Iverson sempat berlabuh ke Besiktas di Liga Turki.

Patung Iverson itu sempat menggegerkan media sosial. Para penggemar tampak terkejut dengan ukuran patung Iverson yang lebih mini. Tetapi itu tidak mengherankan karena patung-patung legenda Sixers lainnya juga berukuran lebih kecil daripada ukuran aslinya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar