IBL

Philadelphia 76ers akan menggelar upacara pembukaan patung Charles Barkley. Mereka membuat patung untuk menghormati jasa sang pemain selama membela tim. Acara itu sendiri akan berlangsung pada Jumat, 13 September 2019 waktu setempat.

Barkley memang banyak menghabiskan waktu bersama Sixers di tahun-tahun pertamanya di NBA. Ia bermain di sana selama delapan tahun. Tim asal Philadelphia itu pertama kali meminangnya lewat NBA Draft 1984. Mereka memilihnya di urutan kelima.

Barkley tampil dalam 582 pertandingan bersama Sixers. Ia mencetak rata-rata 23,2 poin, 11,6 rebound, 3,7 asis, 1,7 steal, dan 1 blok. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 57,6 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 58,8 persen. True shooting percentage 64 persen.

Bersama Sixers, Barkley menjelma pemain elit. Ia mampu masuk ke jajaran All-Star sebanyak enam kali beruntun pada 1987—1992. Di saat yang sama, ia juga membantu timnya melaju ke playoff dengan rekor 50 kemenangan tiga kali. Sayangnya, mereka tidak pernah juara.

Barkley buntu bersama Sixers. Ia pun pindah ke tim lain. Sixers menukarnya ke Phoenix Suns. Ia bermain di sana sepanjang 1992—1996.

Setelah membela Suns, Barkley pindah lagi. Kali itu ke Houston Rockets. Ia tampil bersama tim asal Texas itu pada 1996—2000. Sayangnya, di sana pun ia buntu. Rockets tidak juara.  

Barkley sendiri tidak pernah kembali ke Sixers untuk melanjutkan kariernya di NBA. Ia pensiun pada 2000 sebagai seorang pemain Rockets. Namun begitu, Barkley akan tetap dikenang sebagai salah satu pemain terbaik Sixers. Tim itu bahkan mengistirahatkan jersey nomor 34 milik Barkley. 

Barkley kini bukan lagi seorang pemain. Namun, dunia bola basket mengenalnya sebagai salah satu pemain elit. Naismith Memorial Basketball Hall of Fame juga memasukkannya ke jajaran legendaris. Namanya tertera dalam sejarah besar bola basket sebagai Hall of Famer.

Sixers mengetahui itu. Mereka sendiri yang membantunya menjadi pemain legendaris. Di sisi lain, Barkley pun membantu Sixers menjadi tim mengerikan pada masanya. Kedua pihak menjadi semacam simbiosis mutualisme. Tim asal Philadelphia itu lantas menghormatinya dengan membuatkan patung. Barkley merasa bangga pernah membela Sixers. (put)

Foto: NBA

Komentar