IBL

Allen Iverson bukan hanya sekadar pemain basket profesional yang tampil di liga terbaik. Tetapi ada hal-hal fenomenal yang dilakukan Iverson yang membuatnya tidak pernah dilupakan. Bahkan beberapa dikenang sebagai catatan sejarah NBA.

Allen Iverson adalah pemain yang masuk NBA Hall of Fame FIBA. Bermain di NBA sejak 1996 hingga 2010. Pernah bergabung dengan tim Philadelphia 76ers (1996-2006 dan 2009-2010), Denver Nuggets (2006-2008), Detroit Pistons (2008-2009), Memphis Grizzlies (2009). Sementara itu dia juga pernah bermain di Eropa bersama Besiktas J.K. selama satu musim (2010-2011), dan kemudian pensiun.

Iverson menjadi MVP NBA 2001, 11 kali NBA All-Star (2000-2010), 2 kali MVP All-Star (2001 dan 2005), Rookie of The Year (1997), 4 kali top skor NBA (1999, 2001, 2002, dan 2005), 3 kali top steal (2001-2003). Pengabdiannya di Sixers membuat jersei nomor 3 dipensiunkan oleh tim tersebut.

Namun sederet prestasi yang diraihnya itu, tidak bisa mengalahkan pesona Allen Iverson dalam hal lain. Ada tujuh hal yang membuat Iverson menjadi pemain yang tak terlupakan di liga:

1. Gaya Berpakaian
Allen Iverson menjadi pemain yang jujur dalam berpakaian. Artinya, ia suka dengan gayanya sendiri, yang erat dengan budaya hip-hop. Kaus atau kemeja kebesaran, celana longgar, sneakers atau boots besar, dan kalung emas dengan liontin besar. Akhirnya pada Oktober 2005, Iverson menjadi kambing hitam. Orang yang paling disalahkan saat David Stern (komisaris NBA saat itu) mengeluarkan aturan berpakaian untuk pemain NBA. Semua barang yang pernah dipakai Iverson dilarang. Ada yang menyebut aturan baru tersebut bernama "A.I. Rule".

2. Pelopor Budaya Tato di NBA
Iverson pelopor pemain NBA bertato. Lengan penuh tato hingga di leher. Iverson selalu memamerkan tato tersebut di dalam dan luar lapangan. Kesan yang tercipta adalah berandalan. Tetapi setelah itu muncul banyak pemain NBA bertato banyak. Salah satunya J.R. Smith lalu Keyton Martin. Tetapi orang-orang masih merasa Iverson adalah pelopornya.

3. Rambut Kepang
Awal tahun 2000-an banyak orang yang mengepang rambutnya. Kalau di dunia olahraga, gaya tersebut selalu dikaitkan dengan Iverson. Sebab berada di puncak kariernya. Gaya rambut kepang ini justru membuat orang-orang semakin percaya diri keluar rumah. Bahkan pernah ada kejadian yang fenomenal. Iverson mengepang rambut selama pertandingan berlangsung. Jadi, ketika dia dipanggil ke bangku cadangan, ibunya dibelakang yang mengepang rambutnya. Sampai saat ini, hanya Iverson yang bisa melakukan itu.

4. Tren Sneaker
Ketika sinar Michael Jordan meredup, orang-orang mulai bertanya siapakah pemain yang bisa menjadi panutan dalam sneaker. Reebok kala itu sudah punya Shaquille O'Neal sebagai duta. Tetapi secara penjualan dinilai kurang baik. Namun setelah Reebok mengambil Allen Iverson, mereka sukses besar. Reebok dan Iverson membawa kultur sneaker yang kokoh dan warna mencolok. Ini menunjukkan bahwa ada celah pasar sneaker yang bisa dimanfaatkan di tengah dominasi Nike. 

5. Konferensi Pers Santai
Banyak sekali di kanal YouTube menampilkan video konferensi pers Allen Iverson yang santai dan bahkan beberapa ada yang lucu. Iverson sering kali dianggap tidak serius menjawab pertanyaan wartawan, bahkan kadang muncul kata-kata kasar keluar dari mulutnya. Tapi sejatinya, dia memang ingin membawa suasana di ruang konferensi pers lebih santai. Salah satu yang paling terkenal adalah video konferensi pers tentang latihan. Perdebatan wartawan dan Iverson menjadi tontonan menarik yang tidak bosan untuk disaksikan hingga sekarang. 

6. Killer Crossover
Allen Iverson tidak takut memikul beban berat tim di pundaknya. Senjata andalannya selama di lapangan adalah crossover. Trik crossover yang dilakukan Iverson pada Tyronn Lue di Final NBA 2001, mungkin jadi pertunjukkan terbaik dalam sejarah NBA. Iverson biasanya membawa bola mendekati lawan, lalu mundur untuk mencari ruang tembak. Atau, cara lain yang sering dilakukan adalah merangsek ke area cat untuk mencetak poin dengan lay-up. Setiap malam, Iverson tampil sebagai seorang pemain dan penghibur. Karena penggemar Sixers selalu puas menyaksikan aksi Iverson.

7. Penyanyi Rap
Jangan lupa bahwa Allen Iverson juga seorang penyanyi, dengan nama panggung "Jewelz". Salah satu lagu terbaiknya berjudul "40 Bars". Iverson membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan hal lain selain bermain basket. Sementara itu, Iverson juga pernah tampil di tiga judul film, yaitu "Like Mike" (2002), "Imagine That" (2009), dan "My Other Home" (2017).

Foto: NBA
Video: YouTube

Komentar