IBL

Memphis Grizzlies mengangkat jersei No. 33 milik Marc Gasol ke langit-langit Sabtu malam di FedExForum. Gasol bergabung dengan Zach Randolph sebagai pemain kedua dalam sejarah klub Memphis Grizzlies yang jerseinya dipensiunkan. Selama berada di Memphis, Gasol adalah tiga kali NBA All-Star dan memenangkan penghargaan Defensive Player of the Year yang pertama, sekaligus menjadi center dari "Core Four" Grizzlies.

Gasol menjadi pemain kedua setelah Zach Randolph, yang nomor punggungnya 50 dipensiunkan pada 11 Desember 2021. Randolph juga menghadiri upacara penghormatan Gasol, bersama dengan Mike Conley dan Tony Allen. Ini adalah pertama kalinya "Core Four" Grizzlies bersatu sejak tujuh penampilan playoff berturut-turut mereka berakhir pada tahun 2017.

Bisa dibilang sebagai pemain Grizzlies paling berprestasi dalam sejarah klub. Penghargaan Gasol mencakup tiga pertandingan All-Star dan penghargaan Defensive Player of the Year saat memperkuat Memphis dari 2008 hingga 2019. Gasol tetap menjadi pemimpin Grizzlies sepanjang masa dalam hal menit bermain (25.917), starter (762 kali), tembakan masuk (4.341), tembakan gratis (2.701), rebound (5.952) dan blok (1.135) dan menempati urutan kedua dalam sejarah klub untuk pertandingan yang dimainkan (769), poin (11,684) dan asis (2,639). Marc Gasol, yang bermain 10,5 musim bersama Grizzlies, mencetak rata-rata 15,2 poin, 7,7 rebound, 3,4 asis, dan 1,5 blok.

Dia juga memimpin Grizzlies ke satu-satunya penampilan Final Konferensi mereka dalam sejarah pada tahun 2013. Dia diperdagangkan ke Toronto Raptors pada batas waktu 2019 di mana dia bekerja sama dengan pelatih Sixers saat ini Nick Nurse untuk membantu Raptors memenangkan gelar.

"Sungguh keren ketika saya melihat pengumuman bahwa mereka akan memensiunkan jerseinya," kata Nurse kepada wartawan. "Saya melihat ke bawah dan melihat kami ada di sini, saya langsung menghubunginya di WhatsApp dan mengucapkan selamat kepadanya, dan berkata, 'Wah, ini luar biasa karena kami akan berada di sana. Aku sangat bahagia.' Dia jelas merupakan bagian besar dari tim juara kami di Toronto." (*)

Foto: Gigantes.com

Komentar