IBL

Los Angeles Clippers harus melalui drama babak tambahan (overtime) ketika menjamu Memphis Grizzlies dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, Clippers memenangkan pertandingan dengan skor 112-107 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Jumat 23 November 2018 waktu setempat. Pemain mereka seperti Danilo Gallinari dan Montrezl Harrell mencetak 20+ poin di pertandingan ini.

Gallinari bahkan hampir mencetak dobel-dobel dengan 20 poin dan 9 rebound. Sementara itu, Harrell justru berhasil melakukannya. Pemain cadangan tersebut mencetak 22 poin dan 11 rebound dengan akurasi tembakan mencapai 50 persen.

Kemudian, tiga pemain lainnya seperti Lou Williams (15), Avery Bradley (13), dan Tobias Harris (12) juga menyumbang dobel digit poin.

Clippers berhasil menyelamatkan wajah mereka di hadapan penggemar sendiri dengan merengkuh satu kemenangan kandang. Gallinari menjadi dalang di balik keberhasilan itu setelah memasukkan tiga tembakan gratis yang menyamakan kedudukan di kuarter empat. Sehingga Clippers pun bisa melaju ke babak tambahan untuk kemudian memenangkan pertandingan. Padahal mereka sempat tertinggal di awal.

Grizzlies bermain dengan skuat utama yang lengkap. Mike Conley sang pengatur serangan (19 poin, 11 asis) ada di antara mereka. Marc Gasol, senter tim nasional Spanyol, (27 poin, 13 rebound) juga ada di sana. Belum lagi ruki Jaren Jackson Jr. yang eksplosif (20 poin, 7 rebound) ikut melengkapi mereka. Ketiganya menjadi pemain penting dalam pertandingan ini; membuat Grizzlies unggul di kuarter pertama dengan skor 22-16.

Keberadaan Conley semakin terasa penting di kuarter dua. Ia mengatur serangan dengan memberi umpan-umpan matang berbuah poin. Sedikitnya ia mengumpul 10 asis di kuarter itu untuk memecah rekor asis-satu-kuarter-terbanyak sepanjang sejarah klub yang sebelumnya dipegang Jason Williams (8 asis). Dengan asis-asis itu, Grizzlies pun bisa mendulang 30 poin lagi untuk meninggalkan Tuan Rumah dengan skor 55-44 di paruh pertama.

Di kuarter tiga, Clippers berhasil membalas perlakuan tamunya. Pemain cadangan seperti Harrell dan Williams menunjukkan kualitasnya sebagai pelapis terbaik di NBA. Karena mereka, Clippers bisa mencetak 13 poin lebih banyak dari Grizzlies (31-18) untuk membalik keunggulan.

Clippers pun memimpin 75-73.

Pertandingan semakin sengit di kuarter empat. Grizzlies mendulang 28 poin lagi. Conley dkk. sebenarnya hampir memenangkan pertandingan andai mereka tidak melakukan pelanggaran. Namun, tiga tembakan gratis Gallinari karena kesalahan Grizzlies di pengujung kuarter itu memaksa kedua tim melanjutkan pertandingan ke babak tambahan waktu.

Di babak itulah semuanya di pertaruhkan. Clippers bermain habis-habisan sementara Grizzlies harus kehilangan Conley karena melakukan pelanggaran keenamnya di pertandingan ini. Conley diusir, Grizzlies kehilangan sang pengatur serangan, Clippers pun leluasa untuk terus mengeksplorasi permainan. Pada akhirnya, Clippers yang mencetak lima poin lebih banyak di babak tambahan (14-9) memenangkan pertandingan dengan skor akhir 112-107.

Dengan kemenangan itu, Clippers kini tengah memegang rekor menang-kalah 12-6. Mereka menunjukkan permainan impresif di awal 2018-2019. Dengan modal tersebut, pasukan Kepala Pelatih Doc Rivers itu akan menghadapi Portland Trail Blazers lusa. Sementara Grizzlies yang merengkuh rekor serupa (12-6) akan bertemu New York Knicks. (GNP)

Foto: NBA

Komentar