IBL

Dua kali dalam sepekan, Dallas Mavericks berhasil menumbangkan Sacramento Kings. Setelah menang 132-96 pada hari Selasa, Mavs kembali memetik kemenangan dari Kings dengan skor tipis 107-103, pada Jumat malam (29/3) waktu Amerika Serikat. Mavs selamat dari serbuan Kings, dan sempat tertinggal 15 poin di laga ini.  Setelah meraih kemenangan di kedua pertandingan tersebut, Mavs menyelesaikan seri musim dengan Kings dengan hasil imbang 2-2. Mavs kini telah memenangkan 11 dari 12 pertemuan terakhir mereka.

Dante Exum mencetak lemparan tiga angka saat waktu tersisa 27,5 detik, Kyrie Irving menyumbang 30 poin untuk kemenangan Mavs yang keenam kalinya berturut-turut. Tembakan terbuka lebar Exum, yang dikreasikan oleh PJ Washington, membuat skor menjadi 106-103 dan menutup kebangkitan Mavericks di babak kedua, yang tertinggal 15 poin. Empat belas dari 30 poin Irving tercipta di kuarter keempat, dan Luka Doncic menambahkan 26 poin untuk timnya.

"Hanya bermain basket tim yang hebat. Kami mengambil beberapa langkah pada batas waktu perdagangan. Saya pikir pertahanan kami menjadi lebih baik dan lebih baik lagi di setiap pertandingan," kata superstar Mavs, Luka Donic. "Kami hanya bersenang-senang. Hari ini adalah pertandingan yang sulit bagi kami. Tapi untuk memenangkan pertandingan berturut-turut di Sac, itu sulit. Saya pikir kami melakukan pekerjaan yang bagus dengan itu."

Pada pertandingan hari Selasa, Mavs menang 132-96. Akibat skor yang timpang, Doncic tak bermain di kuarter keempat dengan mencatatkan 28 poin, 11 rebound, dan 6 asis. Sementara itu, pada pertemuan kedua Kings tampil agresif, melakukan serangan cepat dalam pertandingan ulang untuk mendapatkan bola dari tangannya lebih awal. 

Beruntung Mavs punya Kyrie Irving yang mencetak 30 poin. Doncic tidak ketinggalan jauh dengan 26 poin, 12 asis dan 9 rebound. Dereck Lively II adalah satu-satunya pencetak dua digit tim lainnya, dengan total 12 poin dan 9 rebound. Mavericks menembak 15-35 (42,9 persen) dari tripoin.

De'Aaron Fox memimpin Kings dengan 23 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Harrison Barnes menambahkan 20 poin dan 6 rebound sebagai satu-satunya pencetak 20 poin lainnya bagi Kings. Domantas Sabonis mengumpulkan tripel-dobel ke-26 dengan catatan 13 poin, 12 rebound, dan 10 asis. Kings menerima sumbangan 16 poin dan 6 rebound dari Keon Ellis, yang membuat empat tripoin. Lalu Keegan Murray menambah 12 poin dan 7 rebound. 

Dallas Mavericks yang telah memenangkan 10 dari 11 pertandingan terakhirnya, unggul dua gim dari Kings untuk memperebutkan tempat keenam di Wilayah Barat yang akan menghindari turnamen play-in. Sacramento Kings tetap di posisi kedelapan di Barat.

Pelatih Kings Mike Brown mengatakan Mavericks bermain seperti tim berpengalaman di kuarter keempat. "Eksekusi mereka berada pada level yang tinggi, dan Exum akhirnya mencapai angka tembakan tripoin," kata Brown. "Saya memuji para pemain kami atas upaya yang mereka berikan, dan hal ini sulit untuk dilewatkan begitu saja."

Selanjutnya Mavericks akan mengunjungi markas Houston Rockets. Sedangkan Kings menjadi tuan rumah melawan Utah Jazz di akhir pekan ini. (*)

Foto: nba.com

Komentar