IBL

Miami Heat berpesta pora di kandang sendiri, Jumat (29/3), waktu setempat. Menjamu Portland Trail Blazers, Heat menang telak 142-82. Selisih 60 poin ini jadi kemenangan jarak terbesar dalam sejarah organisasi Heat. Rekor kemenangan terbesar Heat sebelumnya adalah 43 poin saat menghadapi Los Angeles Clippers di tahun 1994.

Hebatnya lagi, Heat memenangkan gim ini dengan cara bermain yang luar biasa. Heat memaksa Blazers membuat 23 turnover. Sebaliknya, tim asuhan Erik Spoelstra ini hanya melakukan 8 turnover. Heat pun menembak dengan efektivitas tinggi. Dari tripoin, 21/39 tembakan masuk (43 persen). Secara keseluruhan, ada 54 tembakan masuk dari 92 percobaan (58 persen). 

Tak berhenti di situ, Heat juga mencatatkan rekor lain. Torehan 41 asis jadi yang tertinggi sepanjang sejarah tim. Empat pemain mencetak 20+ poin juga menjadi catatan dalam buku sejarah. Ini baru kali kedua situasi tersebut terjadi sejak Heat berdiri pada 1988. 

Empat pemain yang mengukir sejarah itu adalah Bam Adebayo, Tery Rozier III, Haywood Highsmith, dan Thomas Bryant. Nama yang disebut terakhir muncul sebagai penyumbang angka terbanyak dengan dobel-dobel 26 poin, 12 rebound selama 21 menit bermain. Bryant memulai laga dari bangku cadangan. 

Pun juga Highsmith. Memulai laga sebagai unit kedua, ia mencetak 20 poin dan 6 rebound dari 7/9 tembakan. Termasuk di dalamnya adalah 5/6 tripoin (83 persen). Rozier jadi pencetak tripoin masuk terbanyak dengan 6/10. Ia menutup laga dengan kontribusi 22 poin plus 6 asis. Bam nyaris tripel-dobel 21 poin, 12 rebound, dan 9 asis. Bam hanya bermain 26 menit. 

Di luar empat nama itu, masih ada Patty Mills dan Jaime Jacquez Jr. yang juga cukup produktif. Mills mencetak 17 poin dan 3 steal sedangkan Jaime 12 poin plus 5 asis. Hal menarik lainnya adalah Jimmy Butler yang hanya bermain 24 menit dan hanya melepaskan 4 tembakan. Statistik akhir Jimmy adalah 8 poin, 4 rebound, 8 asis. 

Meski menang besar, Heat belum beranjak dari peringkat tujuh klasemen sementara Wilayah Timur. Ini adalah kemenangan ke-40 dari 73 laga. Heat berjarak dua kemenangan dengan Indiana Pacers di peringkat enam, batas akhir lolos langsung Playoff. Bagi Blazers, kekalahan ini memang sudah tak ada artinya. Mereka sudah tak ikut persaingan apa-apa. Rekor tim asuhan Chauncey Billups ini adalah (19-55). 

Blazers masih akan bertahan di Florida. Mereka akan jumpa Orlando Magic, tulat. Heat bergeser ke Washington untuk melawan Wizards, lusa. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar