IBL

Tyrese Maxey mencetak 30 poin dan 10 asis, diikuti dan Kelly Oubre Jr. menyumbang 22 poin dan 11 rebound untuk membantu Philadelphia 76ers menahan Miami Heat, 98-91, pada Senin malam (18/3) waktu Amerika Serikat. Sixers berada dalam kondisi buruk setelah menghabiskan sebagian besar musim sebagai pesaing konferensi yang pasti, sampai kehilangan Joel Embiid karena cedera lutut pada akhir Januari. Tanpa Embiid, Maxey memberi dampak luar biasa. Dia sudah tiga laga berturut-turut mencetak 30 poin.

Kyle Lowry yang akan berusia 38 tahun minggu depan mengatakan bahwa dirinya akan terus melaju. "Saya pikir intinya adalah kami memahami ini adalah pertandingan besar untuk klasemen," kata Lowry. Lowry menembakkan 6 dari 12 dan mencetak 16 poin untuk Sixers dalam pertandingan pertamanya melawan Heat sejak mereka menukarnya pada bulan Januari. Bam Adebayo menyumbang 20 poin dan 13 rebound untuk Heat. Terry Rozier III mencetak 20 poin.

"Dia sedikit kasar dalam adu tembak hari ini dan dia belum melakukannya," kata pelatih Nick Nurse, yang memenangkan gelar NBA bersama Lowry di Toronto. "Saya merasa dia kembali menjadi dirinya yang normal." 

Heat tertinggal 14 poin saat memasuki kuarter keempat, sebelum melaju dengan skor 20-8 dan menyamakan kedudukan menjadi 85 melalui dunk Caleb Martin. Buddy Hield mengakhiri pertandingan dengan tripoin, dan Lowry juga memasukkan tripoin, membantu Sixers menghindari kekalahan dalam permainan yang harus mereka menangkan.

Juara Wilayah Timur Heat kembali berada dalam mode play-in dengan 14 pertandingan tersisa musim ini, turun ke peringkat kedelapan dalam klasemen. Mereka finis di urutan ketujuh musim lalu ketika Jimmy Butler memicu laju mustahil ke Final NBA. Dengan kekalahan Indiana Pacers, 76ers nyaris menduduki peringkat keenam dengan skor 38-30. Pacers memiliki rekor 38-31, dan Heat 37-31.

Butler (cedera kaki kanan) dan Embiid (yang terus menjalani rehabilitasi) melewatkan pertandingan hari Senin. Tobias Harris (keseleo pergelangan kaki kanan) juga melewatkan pertandingan ini, dan pemain Miami Duncan Robinson terpaksa keluar dari permainan karena cedera punggung, meninggalkan kedua tim tanpa pemain bintang, kecuali Maxey. Namun pelatih Nurse tetap optimistis Embiid bisa kembali sebelum musim berakhir.

"Saya pikir dia kembali ke bentuk dan ritmenya dengan cukup cepat," kata Nurse. "Saya pikir tentu saja semakin banyak kami memainkannya, semakin baik. Saya juga berpikir kami ingin mencapai titik di mana dia berada dalam kondisi sehat saat playoff atau waktu bermain."

Karena cedera juga, Heat telah menggunakan 32 starting lineup yang memecahkan rekor klub. Mereka mencoba menemukan konsistensi dan mencegah potensi laju kedua berturut-turut yang dimulai dengan play-in. "Kami tidak memikirkan tahun lalu, tidak memikirkan narasi apa pun," kata pelatih Heat Erik Spoelstra.

Selanjutnya kedua tim akan menjalani laga tandang. Sixers akan berhadapan dengan Phoenix Suns. Sementara Heat akan bertanding melawan Cavaliers di Cleveland. (*)

Foto: nba.com

Komentar