IBL

FIBA 3x3 Asia Cup 2024 akan bergulir pada 27-31 Maret 2024. Untuk tahun ketiga berturut-turut, turnamen 3x3 terbesar di Asia akan diadakan di Singapura. FIBA menjanjikan bahwa edisi ketujuh dari turnamen ini (FIBA 3x3 Asia Cup) akan menjadi lebih besar dan lebih baik dari sebelumnya. 

Upaya mempertahankan gelar Australia (wanita) dimulai dengan pertandingan hebat melawan rivalnya Selandia Baru, sementara juara bertahan putra Mongolia akan mengincar awal yang baik, sebelum melaju ke babak playoff. 

Pada tanggal 2 Februari 2024, FIBA 3x3 sudah melakukan pengundian. Berikut hasil pengundian di kategori putra:

Dari bagan di atas bisa diketahui bahwa yang bermain di babak utama (main draw), adalah China, Singapura, Mongolia, Thailand, Jepang, Filipina, Selandia Baru, dan Qatar. Sisanya akan bertanding dulu di babak kualifikasi, termasuk Indonesia, untuk memperebutkan salah satu tiket di babak utama. 

Khusus untuk Indonesia, masuk di Kualifikasi Grup B, bersama Republik Korea, Sri Lanka, dan Pulau Mariana Utara. Tim yang lolos ke babak utama tentu saja adalah juara grup. Jika Indonesia lolos, maka di babak utama akan bertemu Thailand, dan juara bertahan FIBA 3x3 Asia Cup putra, Mongolia. 

Bergeser ke sektor putri. Berikut hasil pengundian di kategori putri:

Lagi-lagi, Indonesia harus menjalani babak kualifikasi terlebih dahulu. Indonesia ada di Kualifikasi Grup C bersama India, Hong Kong, dan Pulau Mariana Utara. Jika lolos, tim 3x3 putri Indonesia akan berhadapan dengan Mongolia dan Malaysia di babak utama Grup C. 

PP Perbasi sendiri sudah menyiapkan pemain yang akan diberangkatkan ke Singapura. Untuk saat ini masih dalam tahap seleksi yang dipimpin oleh pelatih Fandi Andika Ramadhani, mantan pemain Aspac dan juga mantan pemain 3x3 nomor 1 di Indonesia. Enam pemain putra yang dipanggil seleksi adalah Serigne Modou Kane, Erick Ibrahim Junior, Muhammad Daffa Shaldy, Muhammad Naufal Alifiq, Yogi Saputra Chan, Muhammad Ivan Rizky Ramdani. Sedangkan untuk tim putri, pemain yang masuk pemusatan latihan adalah Adelaide Callista Wongsohardjo, Faizzatus Shoimah, Tasya Hery Saputera, Angelica Jennifer Chandra, dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol. 

Untuk jadwal pertandingan Timnas 3x3 Putra Indonesia, pada 27 Maret akan berhadapan dengan Sri Lanka dan Republik Korea. Kemudian pada 28 Maret, akan bertanding melawan Pulau Mariana Utara. Sementara untuk Timnas 3x3 Putri Indonesia, dijadwalkan bertemu Hong Kong pada 27 Maret, kemudian dua pertandingan melawan India dan Pulau Mariana Utara berlangsung pada 28 Mare 2024. Jadwal selengkapnya bisa dilihat melalui situs fiba3x3.com

Kegembiraan sudah meningkat menjelang FIBA 3x3 Asia Cup 2024, yang akan dimulai dengan gaya spektakuler, menandai awal tahun yang menyenangkan bagi olahraga tim perkotaan nomor satu dunia. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, kota Singapura yang ramai akan menjadi tuan rumah turnamen 3x3 utama di Asia pada tanggal 27-31 Maret 2024.

Pertandingan tersebut akan dimainkan di Singapore Sports Hub, sebuah tempat yang telah menyelenggarakan berbagai acara olahraga ternama. 43 tim yang mewakili lebih dari 20 negara dari seluruh dunia akan berhadapan di lapangan. (*)

Foto: fiba3x3.com

Komentar