IBL

Tim 3x3 Australia putra dan putri keluar sebagai juara FIBA 3x3 Asia Cup 2024. Kedua tim menyapu bersih semua pertandingan sejak penyisihan hingga final. Di kategori putra, Australia memperbaiki pencapaian mereka di tahun sebelumnya. Sedangkan di sektor putri, mereka mempertahankan gelar juara untuk kedua kalinya berturut-turut. 

Tim 3x3 putra Australia mengawali perjalanannya dari babak kualifikasi Grup C. Mereka menyapu bersih babak ini dengan rekor 3-0. Mengalahkan Tahiti (21-5), Kyrgyztan (21-6), dan Kazakhstan (18-7). Mereka melanjutkan perjalanan ke fase utama dan bergabung di Grup C bersama Jepang dan Filipina. Di babak ini, Australia menang 20-13 dari Jepang, dan mengalahkan Filipina 21-13. 

Memasuki fase knock-out, Australia semakin meraja-lela. Di perempat final, mereka menang 21-15 atas China dalam waktu enam menit. Kemudian di babak semifinal, Australia bertemu Mongolia, yang merupakan ulangan final FIBA 3x3 Asia Cup tahun lalu. Kali ini Australia berhasil menuntaskan revans atas Mongolia dengan kemenangan telak 21-11. Terakhir di babak final, Australia menang mudah atas Iran dengan skor 21-7. 

Beralih ke tim putri, di mana Australia sudah langsung masuk babak utama di Grup D bersama Selandia Baru dan India. Tim putri Australia melahap Selandia Baru (22-9), dan menang 21-7 atas India. Sementara di fase knock-out, Austra menang 21-8 atas Thailand pada babak perempat final, dan menang 21-6 atas Mongolia di semifinal.

Memasuki babak final, Australia bertemu dengan Selandia Baru untuk kedua kalinya di turnamen tahun ini. Kali ini kedua tim bertarung sengit hingga waktu habis. Australia keluar sebagai juara dengan skor akhir 18-13. 

Australia sukses mengawinkan gelar juara FIBA Asia Cup 2024. Ini mengulang prestasi yang sama di tahun 2019. (*)

Foto: fiba3x3.basketball

Komentar