IBL

Status tim terpanas Wilayah Barat milik Oklahoma City Thunder resmi berakhir, Kamis (29/2), waktu setempat. Bertandang ke markas San Antonio Spurs, tuan rumah ermain luar biasa di lima menit terakhir untuk menang dengan skor akhir 132-118. 

Dalam kurun lima menit tersebut, Spurs melaju (18-7). Victor Wembanyama, Devin Vassell, Jeremy Sochan, hingga Tre Jones bergantian membombardir pertahanan Thunder. Wembanyama menjadi penentu momentum kemenangan Spurs lewat tripoin jauhnya dan blok atas Chet Holmgren. 

Wemby (sapaan Wembanyama) menutup gim dengan dobel-dobel komplet 28 poin, 13 rebound, 7 asis, 2 steal, dan 5 blok. Wemby memasukkan 9/17 tembakan, termasuk 5/7 tripoin. Wemby adalah pemain pertama sejak Hakeem Olajuwon pada 1993 yang berhasil menorehkan 25+ poin, 10+ rebound, 5+ asis, dan 5+ blok sebanyak 3 kali selama sebulan. Sejarah lain yang dicatatkan Wemby adalah rataan 2+ steal, 3+ blok, dan 2+ tripoin dalam satu bulan. Sebelumnya, belum ada pemain NBA dalam sejarah yang pernah mencetak rataan statistik di atas. 

Wemby bukanlah top skor Spurs seorang diri. Vassell juga mencetak 28 poin dan 9 asis dari 12/20 tembakan. Sochan menyusul dengan dobel-dobel 21 poin plus 10 rebound. Jones menambahkan 17 poin, 6 rebound, 8 asis. Zach Collins 13 poin, 5 rebound, 5 asis, sedangkan Keldon Johnson menutup daftar melalui 10 poin dan 4 asis. 

Ini adalah kemenangan perdana Spurs dari enam gim terakhir mereka. Ini juga jadi kemenangan perdana tim asuhan Gregg Popovich atas Thunder dalam lima pertemuan terakhir. Spurs terakhir kali menang atas Thunder pada 16 Maret 2022. Sebaliknya untuk Thunder, ini mengakhiri rangkaian enam kemenangan beruntun mereka. 

Thunder sejatinya bermain dengan standa mereka. Sayangnya, tim asuhan Mike Daignault ini tak mampu menghentikan akurasi tripoin Spurs yang paten di angka 48 persen (19/39). Total ada lima pemain Spurs yang memiliki akurasi tripoin 50+ persen hari ini. 

Shai Gilgeous-Alexander masih jadi senjataa utama Thunder. Bermain 34 menit, Shai mencetak 31 poin dan 6 rebound. Jalen Williams tajam dengan 26 poin plus 6 rebound dari 10/18 tembakan. Chet membantu dengan 23 poin, 7 rebound, 5 asis, sedangkan Isaiah Joe mencetak 15 poin dari bangku cadangan. 

Kedua tim akan bermain lagi lusa. Spurs masih di kandang untuk melawan Indiana Pacers sedangkan Thunder melanjutkan tur tandang ke markas Phoenix Suns. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar