IBL

Steve Kerr menyetujui perpanjangan kontrak dua tahun dari Golden State Warriors. Menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, dia menerima bayaran 35 juta dolar Amerika hingga musim 2025-2026, dan menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi dalam sejarah NBA. Sementara, Gregg Popovich dari San Antonio Spurs memang memiliki gaji tahunan yang lebih tinggi, tetapi ia juga memegang posisi Presiden Operasi Bola Basket di tim tersebut. 

Pelatih Kerr menolak berkomentar tentang perpanjangan kontraknya setelah Warriors mengalahkan Charlotte Hornets, 97-84. Dia mengatakan "belum ada yang ditandatangani", serta melempar senyum seakan menggambarkan bahwa masa depannya bersama Warriors baik-baik saja. Hingga akhirnya muncul kabar perpanjangan kontrak dengan nilai yang sangat besar. 

Dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam pekerjaannya di liga, Steve Kerr akan tetap berada di Warriors di masa mendatang. Kesepakatan baru ini menjadikan Kerr sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi dalam sejarah NBA. Sebelum menyetujui kontrak baru, Kerr hanya punya sisa kontrak satu tahun dari kesepakatan sebelumnya. Kontrak barunya kini berlaku hingga akhir musim 2025-2026.

Kerr adalah juara NBA empat kali bersama Warriors dan juara lima kali sebagai pemain. Meskipun memenangkan banyak gelar selama masa jabatannya bersama Golden State Warriors, ia hanya dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik NBA satu kali pada tahun 2016.

Steve Kerr yang berusia 58 tahun baru-baru ini memenangkan pertandingannya yang ke-500 dan telah membawa Golden State Warriors meraih empat kejuaraan dengan skuad bertabur bintang yang dipimpin oleh Stephen Curry, Draymond Green dan Klay Thompson.

"Uangnya banyak, wah," kata Green. "Saya pikir itu luar biasa, saya tidak ingin mengakhiri waktu saya di sini dengan pelatih lain, dan apa arti dia bagi franchise ini, apa yang telah dia lakukan untuk kami sebagai pemain, cara kemenangan yang dia bawa ke sini, Anda tidak bisa menggantikannya. Jadi, sangat bahagia bagi Steve dan keluarganya, mendapatkan apa yang pantas dia dapatkan."

Kerr telah berkali-kali mengatakan, termasuk musim panas lalu bersama USA Basketball, bahwa dia tidak khawatir memasuki musim ini tanpa kesepakatan untuk tahun 2024-2025 dan seterusnya. Dia akan melatih Amerika di Olimpiade Paris musim panas ini dan tidak memiliki rencana untuk tetap memegang peran tersebut selama siklus Olimpiade empat tahun berikutnya.

Nilai rata-rata 17,5 juta dolar Amerika akan menjadi nilai tertinggi bagi pelatih NBA mana pun. Kesepakatan lain memiliki nilai total yang lebih tinggi adalah Erik Spoelstra dari Miami menyetujui perpanjangan kontrak selama delapan tahun senilai 120 juta dolar Amerika pada awal tahun ini. Sementara Gregg Popovich dari San Antonio punya kontrak 80 juta dolar Amerika dengan durasi lima tahun, dan Monty Williams dari Detroit dilaporkan punya kontrak enam tahun dengan bayaran 78 juta dolar Amerika. 

Foto: Mercury News

Setelah melatih Warriors meraih gelar pada tahun 2015 untuk kejuaraan pertama klub tersebut dalam 40 tahun, pelaltih Kerr mengambil cuti di awal musim berikutnya setelah menderita komplikasi yang melemahkan akibat beberapa operasi punggung. Asisten Luke Walton melatih saat dia absen dan memimpin rekor start 24-0 dan keseluruhan 39-4 saat Kerr absen.

Steve Kerr kemudian absen lebih dari enam minggu di bangku cadangan pada tahun 2017 karena nyeri, sakit kepala, dan gejala lain seperti vertigo. Pelatih Kings yang sekarang, Mike Brown menggantikannya sampai Kerr kembali untuk Game 2 Final NBA saat Warriors menang di belakang MVP Final Kevin Durant dan Curry.

Perpanjangan karier pelatih Kerr bernilai lebih dari apa yang ia hasilkan setiap tahunnya, di mana ia menjadi bagian dari tim juara NBA. Itu juga membuatnya tetap memimpin Warriors hingga 2025-2026, yang juga mewakili musim terakhir Stephen Curry terikat kontrak dengan Warriors.

Di antara pelatih dengan lebih dari 500 kemenangan NBA, hanya tiga Phil Jackson, KC Jones dan Red Auerbach, yang memiliki persentase kemenangan lebih tinggi daripada Kerr, yang memasuki Jumat malam setelah memenangkan 65,5 persen pertandingannya bersama Warriors. 

Keberhasilannya di pasca musim tidak ada bandingannya. Kerr mencatatkan rekor 99-41 sebagai pelatih Golden State Warrios di pasca musim (playoffs), dengan persentase kemenangan sebesar 0,707 yang merupakan peringkat terbaik dalam sejarah NBA. Hanya enam pelatih yang memiliki kemenangan playoff lebih banyak dari Kerr. (*)

Foto: Reuters

Komentar