IBL

Golden State Warriors secara resmi mengumumkan Steve Kerr memperpanjang dua tahun pada Selasa (27/2) waktu setempat. Nominal tidak disebutkan. Tetapi media-media AS menulis nilainya AS$35 juta. Usai kemenangan atas Washington Wizards, Kerr buka suara terkait keputusannya menetap di Bay Area.

“Saya merasa sangat nyaman membuat perpanjangan kontrak dua tahun ini. Joe (Lacob, pemilik Warriors) juga demikian. Kami berada di situasi unik dimana sebuah era akan berakhir dan era lainnya akan datang,” kata Kerr dilansir melalui ESPN.

Baca juga: Warriors Cetak 21 Tripoin, Wizards Semakin Merana

“Kami mencoba menggabungkannya dengan maksimal pada tahun ini dan tahun depan. Kami akan terus melanjutkannya selama beberapa tahun dan kemudian menilainya lagi,” lanjut pelatih berusia 58 itu.

Kerr akan bertahan dengan Warriors hingga musim 2025-2026. Dengan kontrak sebesar AS$35 juta atau senilai dengan Rp550 miliar itu, Kerr menjadi pelatih dengan gaji tahunan terbesar di NBA.

Baca juga: Lanjut dengan Warriors, Steve Kerr Jadi Pelatih Termahal di NBA

Debut Kerr sebagai pelatih terjadi pada 2014 lalu. Saat itu ia menjadi pelatih ke-24 Warriors. Kontrak pertamanya sekitar AS$25 juta untuk lima tahun. Kemudian diperpanjang lagi lima tahun pada 2019-2023 dengan nilai AS$45 juta.

  Dalam tugasnya mendatang akan sedikit berbeda. Kerr memadukan pemain inti yang berstatus veteran dengan pemain dari generasi baru. Di bawah asuhan Kerr, Warriors membangun dinasti dengan empat gelar dalam kurun waktu delapan musim.

Meski dinasti itu dinilai segera berakhir, Kerr masih percaya Warriors bisa melangkah lebih jauh. Musim ini Warriors lebih banyak berkutat di papan tengah. Stephen Curry dkk berada di posisi ke-9 dengan rekor 30-27.

“Saya menikmati musim ini terlepas dari kenyataan bahwa kami kalah dalam beberapa pertandingan yang sangat ketat. Saya sangat senang melatih tim ini mengarungi musim yang menarik. Kami melihatnya sebagai tantangan  tapi yang menyenangkan,” pungkasnya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar