IBL

Garda Milwaukee Bucks Damian Lillard datang ke Indianapolis dengan satu tujuan untuk menang. Tapi yang terjadi adalah Lillard menjadi pusat perhatian dan menyala di NBA All-Star 2024. Lillard menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang memenangkan Kontes Tripoin dan MVP All-Star Game di tahun yang sama.

Tempat Damian Lillard di starting lineup Wilayah Timur menjadi topik perdebatan sengit. Namun Lillard mengambil keuntungan dari sorotan tersebut, mendapatkan NBA All-Star Game pertamanya (Kobe Bryant MVP Award) dengan 39 poin, melepas 11 dari 23 tembakan tiga angka dalam kemenangan 211-186 Wilayah Timur atas Wilayah Barat.

Lillard menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang memenangkan Kontes Tripoin dan MVP All-Star Game di tahun yang sama. Dia juga bergabung dengan Stephen Curry, Kyrie Irving, Glen Rice, dan Larry Bird sebagai pemain yang pernah memenangkan kedua penghargaan tersebut selama karier mereka.

Lillard tampil panas di awal acara utama hari Minggu, secara konsisten melepaskan tembakan tiga angka. Momen terbesarnya datang ketika ia berhenti dari setengah lapangan, tidak melakukan apa pun kecuali jumper mulus untuk memasukkan bola.

"Saya harus terus menembak bola. Saya pikir, dalam pertandingan seperti ini, harus tahu ini akan berjalan longgar, dan akan banyak mendapatkan peluang. Berada di starting lineup, saya tahu saya akan bermain lebih lama, mendapat menit bermain lebih banyak," kata Lillard. "Saya baru saja mengatakan pada diri sendiri bahwa saya akan menjadi agresif, dan saya akan terus menembak. Saya melihat beberapa orang masuk. Setelah itu, sepertinya saya akan mengejarnya. Jadi, begitulah."

Lillard memenangkan MVP hari Minggu bersama tim yang dipimpin oleh pelatihnya sendiri, Doc Rivers, yang mendapatkan penghargaan tersebut meski hanya mencetak rekor 3-7, setelah menggantikan Adrian Griffin sebagai kepala pelatih  Bucks pada akhir Januari 2024. Pelatih Rivers mengatakan dia akan memberikan uang bonus kepada Griffin, yang membawa Milwaukee ke rekor terbaik kedua di Timur pada saat jeda.

Melakukan penampilan kedelapannya di All-Star dan menjadi starter untuk pertama kalinya, Lillard mengalami tahun yang buruk menurut standarnya. Dia mencetak rata-rata 24,6 poin, 6,7 asis, dan 4,1 rebound, namun efisiensinya menurun. Lillard menembakkan 42,3 persen dari lapangan, rekor terendahnya dalam satu musim penuh sejak 2016, dan 34 persen dari tripoin, yang terburuk dalam karirnya di luar musim 29 pertandingan pada 2021-2022.

Lillard mencetak rata-rata 21 poin, 6 asis, dan 3 rebound dengan 32 persen tripoin pelatih Rivers mengambil alih Bucks. Giannis Antetokounmpo dan kawan-kawan keluar dari jeda All-Star di tempat ketiga Wilayah Timur dengan rekor 35-21. (*)

Foto: CBS Sports

Komentar