IBL

Doc Rivers baru mendampingi Milwaukee Bucks dalam tiga gim. Kemenangan pertama malah baru terjadi hari ini saat Bucks menggebuk Dallas Mavericks 129-117. Tapi Rivers mendapat kejutan. Ia terpilih sebagai pelatih Wilayah Timur dalam All-Star Games 2024.

Tetapi Rivers paham ada sosok yang lebih pantas menerima posisi tersebut. Sosok itu adalah Adrian Griffin, pelatih Bucks yang dipecat pada 24 Januari 2023. Melalui NBA Insider, Marc Stein, Rivers akan memberikan cincin kepada Griffin. Griffin yang membawa Bucks menjadi unggulan kedua Timur dengan rekor 30-13 sebelum dipecat.

“Doc River memberi tahu bahwa jika staf pelatih Milwaukee meraih perwakilan Timur di All-Star, kepelatihan akan dibagi dan cincin akan diberikan kepada Adrian Griffin,” tulis Stein melalui lama X (dulu Twitter).

Rivers menjadi pelatih di All-Star Games 2024 karena memenuhi syarat pada 4 Februari 2024 sebagai tim terbaik. Saat ini Bucks menjadi unggulan kedua dengan 33-16. Sebenarnya tim terbaik dan unggulan pertama adalah Boston Celtics dengan 37-16. Tetapi pelatih Celtics Joe Mazzulla tidak memenuhi syarat karena ia sudah tampil di All-Star Game 2023.

“Memang benar ini sangat konyol. Pastinya Adrian akan mendapatkan sejumlah uang dan sebuah cincin. Itu salah satu hal yang unik. Menurut saya, entah bagaimana, seharusnya ada aturan bahwa orang lain yang melakukannya selain saya,” kata Rivers dilansir melalui ESPN.

Sejumlah pemain Bucks tampak kebingungan dengan pernyataan Rivers itu. Giannis Antetokounmpo bertanya-tanya apakah Griffin akan melatih di All-Star Games 2024. Begitu pula dengan tanggapan Damian Lillard. “Itu sangat lucu. Hal itu jelas tidak ada dalam pembicaraan di ruang ganti,” tutur Lillard.

Di sisi lain, ini akan menjadi keempat kalinya Rivers masuk sebagai pelatih di All-Star Game setelah tahun 2008, 2011, dan 2021. Rivers menjadi pelatih kelima yang menjadi masuk All-Star Game setelah terjadi pergantian dalam tim. Kasus serupa pernah terjadi pada Cleveland Cavaliers. Tyronn Lue menggantikan David Blatt pada All-Star Game 2016.

Rivers menuturkan mungkin dia tidak akan ke All-Star Game 2024 pada 18 Februari mendatang di Indianapolis. “Mungkin saya akan berlibur dan mendelegasikan staf. Saya akan menjelaskan kepada Adam Silver (Komisaris NBA). Dia orang baik dan akan mengerti,” kata Rivers. (rag)

Foto: Glenn James/NBAE via Getty Images

Komentar