IBL

Johnathan Hildred Wall Jr. atau John Wall dikabarkan kembali menjadi duta adidas Basketball hingga lima tahun ke depan. Berita tersebut pertama kali mengudara setelah wartawan Yahoo Sports, Shams Charania, mencuit di akun Twitter pribadinya pada 8 Januari 2018.

Jumlah kontrak yang disodorkan adidas pun masih simpang siur. Namun, media Bleacher Report mengasumsikan nilai kontrak pemain berposisi point guard ini naik AS$8 juta dari kontrak sebelumnya. Angka ini mencuat beberapa waktu lalu saat negosiasi antara kedua belah pihak bocor ke awak media.

Ini bukan kali pertama John Wall dan adidas bekerja sama. Sebelumnya, keduanya pernah terlibat kontrak selama periode 2014-2015. Kerja sama itu pun menghasilkan dua sepatu dengan mencantumkan logo John Wall yang hangat dibicarakan kala itu.

Desain logo J-Wall tampak lugas menggambarkan pola permainannya di lapangan. Selama periode itu, adidas merilis adidas J-Wall 1 pada 2014 dan adidas J-Wall 2 pada 2015.

Keputusan adidas merekrut Wall bukan tanpa alasan. Musim lalu, ia rata-rata mencetak 18,7 angka, 9 asis, dan 3,7 rebound. Tak hanya itu, andalan Washington Wizards itu juga empat kali masuk jajaran NBA All-Star. Di tambah dengan terpilihnya ia dalam jajaran All NBA Performer.

John Wall sendiri telah menjalani musim bebas selama dua tahun sebelum kontrak ini disodorkan. Ia tercatat pernah menggunakan Nike, Reebok, adidas, dan beberapa sepatu lainnya saat bertanding. Hal tersebut tidak dipermasalahkan oleh Wall.

“Ada atau tidak tawaran dari produk sepatu manapun, saya akan tetap bermain gemilang. Bermain gemilang dan maksimal akan jadi aset bagi saya ke depannya,” pungkas Wall kepada NBC Sports Washington, Juli 2017 lalu.

Ada atau tidak ada tawaran, ia tetap akan menjadi John Wall yang dikenal khalayak ramai. “Aku akan jadi seperi aku, cara bermain, karakter dan lainnya akan tetap sama,” imbuhnya. Dengan pernyataan yang ia sampaikan itu, maka akan menarik disimak apakah ia akan tetap seperti itu atau berubah, mengingat ia harus menggunakan produk adidas selama lima tahun ke depan

Walau telah puluhan tahun menaungi beberapa pemain besar di NBA, tapi kiprah adidas di bidang basket memang dibilang kurang mentereng. Hal tersebut terlihat dari sepatu basket adidas yang sulit laku dipasaran. Belum lagi beberapa bintang besar yang pernah diangkat menjadi duta mengaku tak puas dan akhirnya tak melanjutkan kontrak. Sebut saja Shaquille O’neal dan Kobe Bryant.

Akankah perekrutan John Wall bisa jadi titik balik pamor adidas di ranah basket? Kita tunggu saja seri-seri selanjutnya dari adidas J-Wall.

Sumber Foto: NBA, adidas

Komentar