IBL

Selamat datang di "Luka Magic Show!"

Setelah performa luar biasa Devin Booker dengan 62 poin, Luka Doncic turut menggila hari ini, Jumat (26/1), waktu setempat. Selain memimpin Dallas Mavericks menang 148-143 atas tuan rumah Atlanta Hawks, Doncic mencatatkan rekor pribadi terbarunya. Tampil selama 44 menit, Doncic membukukan dobel-dobel 73 poin, 10 rebound, dan 7 asis. 

Doncic melakukan semua ini dengan efektivitas tinggi. Ia memasukkan 8/13 tripoin (61 persen) dan 25/33 secara keseluruhan (75 persen). Dari tembakan gratis pun, Doncic hanya meleset sekali dengan 15/16 tembakan (94 persen). Selain jadi catatan poin tertinggi dalam satu gim di sepanjang kariernya, ini juga jadi rekor untuk pemain Mavericks. 

Torehan 73 poin juga membuat Doncic jadi pemain dengan poin terbanyak dalam satu gim sejak laga bersejarah mendiang Kobe Bryant yang mencetak 81 poin melawan Raptors pada 2006. Hebatnya lagi, Doncic jadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang menyentuh 73 poin dengan akurasi 75 persen atau lebih. Doncic kini juga bergabung dengan Joel Embiid dan David Robinson sebagai pemain yang pernah membukukan 70+ poin, 10+ rebound, dan 5+ asis. Oh iya, semua ini Doncic lakukan di usia belum sampai 25 tahun. Doncic baru akan berusia 25 tahun pada 28 Februari.

Menariknya di gim ini, hanya ada dua pemain Mavericks lain yang mencetak dua digit angka. Josh Green membantu Donic dengan 21 poin dan 4 asis. Satu pemain lain yang menyentuh dua digit angka adalah Tim Hardaway Jr. dengan 13 poin plus 4 rebound. Pun demikian, ada empat pemain Mavericks lain yang mencetak setidaknya delapan poin di gim ini. 

Untuk Hawks, top skor mereka adalah lawan Doncic saat di tahun pertama mereka, Trae Young. Trae bermain 33 menit dan mencetak dobel-dobel 30 poin dan 11 asis. Jalen Johnson menyusul dengan 25 poin dari 10/12 tembakan. Bogdan Bogdanovic membuntuti melalui 24 poin 4 rebound dari bangku cadangan. Dejounte Murray menambahkan 22 poin, 5 rebound, plus 7 asis. Saddiq Bey 16 poin, 7 reound, 5 asis, sedangkan Clint Capela melengkapi daftar dengan 10 poin plus 8 rebound. 

Hasil ini memperdalam luka Hawks. Tim asuhan Quin Snyder ini belum menang di empat gim terakhir mereka. Hawks masih tertahan di peringkat 10 klasemen sementara Wilayah Timur dengan 18 kemenangan dan 27 kekalahan. Mavericks sendiri kembali ke jalur kemenangan dengan hasil ini. Anak-anak asuh Jason Kidd sudah mengumpulkan 25 kemenangan dari 45 gim. 

Mavericks akan langsung bermain lagi esok hari. Mereka akan kembali ke Dallas untuk menjamu Sacramento Kings. Hawks sendiri baru bermain lusa. Mereka masih akan bertahan di Atlanta untuk menjamu Toronto Raptors. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar