IBL

Atlanta Hawks lolos ke playoff, Senin (11/4), waktu setempat. Hawks menjadi peringkat tujuh klasemen akhir Wilayah Timur usai mengandaskan Miami Heat 116-105 di Play-in Tournament. 

Heat yang memiliki rekor musim reguler lebih bagus dan menjadi tuan rumah di gim ini mati kutu dengan agresivitas Hawks dalam rebound. Setidaknya 2 atau 3 pemain Hawks selalu berupaya mendapatkan offensive rebound dalam setiap upaya tembakan. 

Hasilnya, ada 22 offensive rebound yang mereka dapatkan dan berujung pada 26 second chance points. Ditambah dengan buruknya pertahanan Heat di area kunci (64 poin Hawks), gim sepenuhnya jadi milik Hawks. 

Hawks total memiliki tujuh pemain yang mencetak dua digit angka dengan empat di antaranya datang dari bangku cadangan. Trae Young masih memimpin tim dengan 25 poin, 8 rebound, dan 7 asis. Dejounte Murray menambahkan 18 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Sedangkan John Collins membantu melalui 10 poin plus 4 rebound. 

Meski tak mencetak dua digit angka, bahkan hanya empat poin, Clint Capela mendominasi dengan 21 rebound, termasuk 8 offensive rebound. Saddiq Bey memimpin barisan cadangan dengan 17 poin dan 6 rebound. Bogdan Bogdanovic 14 poin, Onyeka Okongwo 12 poin, sementara Jalen Johnson 10 poin plus 7 rebound.

Kyle Lowry jadi yang paling subur di Heat meski memulai gim dari bangku cadangan. Sumbangsihnya bahkan cukup tinggi di angka 33 poin, 4 rebound, dan 5 asis, tanpa turnover. Sayangnya, secara statistik pula, keberadaan Lowry di lapangan "membunuh" Heat dengan -12. 

Jimmy Butler tampil 38 menit dan mencetak 21 poin, 4 rebound, plus 9 asis. Tyler Herro menambahkan 26 poin dan 6 rebound, sedangkan Bam Adebayo 12 poin plus 9 rebound selama 41 menit bermain. 

Selain membuat Heat kehilangan posisi tujuh, hasil ini juga membuat Heat kehilangan rekor apik mereka di kandang melawan Hawks. Ini adalah kekalahan perdana Heat atas Hawks di kandang sejak 27 November 2018. Hawks akan menghadapi Boston Celtics di ronde pertama playoff. 

Heat juga belum berakhir. Mereka masih bisa lolos ke playoff sebagai peringkat delapan jika menang di gim selanjutnya menghadapi pemenang antara Toronto Raptors melawan Chicago Bulls. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar