IBL

James Harden kembali absen membela Philadelphia 76ers. Keputusan ini diambil oleh tim, karena masih dalam tahap pemulihan kondisi fisik. Setidaknya begitu kata kepala pelatih Nick Nurse kepada nba.com. Tapi pelatih Nurse sendiri juga mengeluh bahwa Joel Embiid butuh bantuan. 

Absennya Harden bukan kabar yang mengejutkan. Karena sebelumnya pemain yang sudah 10 kali menjadi All-Star tersebut memang tidak dibawa dalam dua pertandingan tandang di awal musim. Harden akhirnya muncul di laga kandang, mengenakan hoodie berwarna kuning dan celana jeans, lalu duduk di bangku cadangan. 

"Kabar tentang dia adalah, dia menjalani hari-hari pengkondisian yang baik," kata pelatih Nick Nurse. "Semua tandanya positif, berdasarkan pengondisian. Hanya perlu melakukan latihan bersama tim." 

Keputusan ini memang mencurigakan. Pasalnya, Sixers sudah pulang dari dua laga tandang dua hari sebelum pertandingan melawan Portland Trail Blazers, Minggu malam (29/10) waktu Amerika Serikat, di Wells Fargo Center, Philadelphia. Seharusnya Harden sudah ikut latihan. Namun pelatih Nurse malah menyebut bahwa Harden akan mengikuti latihan pada hari Selasa, untuk persiapan tanding pada hari Kamis. 

Sepertinya semua orang di tim Sixers sedang menyembunyikan sesuatu. Harden seperti dihukum, setelah dia lari dari latihan. Dia juga absen di semua pertandingan pramusim. Semuanya tentu saja berawal dari permintaan perdagangan yang diminta oleh Harden tidak kunjung dipenuhi. Dia ingin pindah ke LA Clippers, namun belum diluluskan oleh manajemen Sixers. 

Di sisi lain, pelatih Nurse juga mengeluhkan situasi yang terjadi saat ini. Harden sehat, tapi dia tidak bermain. Itu sudah melanggar aturan NBA, dan liga ingin menyelidiki apa motif di balik absennya Harden pada pertandingan pembuka yang disiarkan secara di televisi nasional Amerika Serikat. Masalah lainnya adalah tentang kesehatan Joel Embiid. Pelatih Nurse merasa Embiid sudah punya beban terlalu berat, tanpa adanya Harden. Tapi kembali lagi melihat aturan NBA, bahwa mengistirahatkan pemain yang sehat akan mendapat hukuman (load-management). (*)

Foto: The Sun

Komentar