IBL

Sekadar mengingatkan bahwa James Harden telah bersumpah tidak akan bermain untuk tim yang dipimpin Daryl Morey. Tampaknya dia menepati sumpah tersebut. Mulai dari tidak muncul latihan, hingga absen di pertandingan terakhir pramusim melawan Atlanta Hawks. Padahal Harden berjanji akan tampil di laga terakhir pramusim. Kini kepala pelatih Nick Nurse sudah menyiapkan skenario untuk pertandingan pertama Philadelphia 76ers di NBA 2023-2024, tanpa Harden. 

Pelatih Nurse akan menjalani musim perdananya bersama Sixers, setelah lima musim mengasuh Toronto Raptors. Sixers akan membuka musim ini dengan pertandingan tandang melawan Milwaukee Bucks, kemudian dilanjutkan melawan Raptors, sebelum kembali ke Philadelphia untuk menyambut Portland Trail Blazers, pada 29 Oktober 2023, waktu Amerika Serikat. 

Foto: CTV News

Tetapi ini bukan awal yang bagus bagi pelatih Nurse. Karena dia dihadapkan pada masalah internal, yaitu perseteruan Harden dengan presiden tim Daryl Morey. Karena masalah tersebut, maka pelatih Nurse sudah menyiapkan strategi untuk bertanding di awal musim, tanpa tiga kali top skor NBA tersebut. 

"Saya sudah mempersiapkannya sepanjang minggu ini, pastinya," kata Nurse. "Saya punya rencana lain jika memang ada perubahan."

Pelatih Nurse menegaskan bahwa absennya Harden tidak akan berdampak pada penampilan Sixers. Bahkan dia sudah siap bermain tanpa Harden, sampai manajemen membuat keputusan tentang masa depan pemain tersebut. Mereka juga sudah mengadaptasi strategi tersebut selama pramusim. Karena memang Harden tidak bermain sama sekali di pertandingan pramusim tahun ini. 

"Saya kira hal itu tidak terlalu berdampak pada kami sama sekali," tambahnya. "Kami harus bermain dengan cara yang kami coba mainkan. Saya pikir, kami akan tampil tanpa Harden, sampai segala sesuatunya berubah."

Setidaknya, apa yang dirasakan Nick Nurse sekarang, sama seperti yang pernah dialami Stephen Silas di Houston Rockets. Saat itu pelatih Silas juga menghadapi situasi yang sama, di mana Harden enggan bermain setelah permintaan perdagangan. Awalnya, pelatih Silas juga mengatakan bahwa timnya akan baik-baik saja. Namun lambat laun, berpengaruh juga pada internal tim. (*)

Foto: USA Today

Komentar