IBL

Setelah menghilang sekitar 10 hari, James Harden akhirnya kembali ke Philadelphia 76ers. Seperti biasanya, Harden mengatakan kalau dirinya siap bertanding di laga pertama Sixers musim ini melawan Bucks. Tetapi tim Sixers tidak serta-merta menerima Harden. Tim pelatih menyuruh Harden tetap di Philadelphia, sementara tim menjalani dua laga tandang pertamanya ke Milwaukee dan Toronto. 

Harden "melarikan diri" dari latihan Sixers, serta tidak muncul pada laga terakhir pramusim. Apa yang terjadi sangat berbeda dengan pernyataan Harden. Karena sebelumnya Harden mengatakan kalau dirinya siap bertanding di pertandingan pramusim terakhir, dan bersedia mengikuti program latihan Sixers untuk persiapan musim 2023-2024. 

Dikutip dari laporan Sky Sports, Harden sudah kembali ke Philadelphia. Dia juga berlatih bersama tim Sixers pada hari Rabu (25/10) waktu Amerika Serikat. Usai latihan, Harden mengatakan kalau dirinya siap dibawa ke Milwaukee untuk menjalani pertandingan pertama musim ini. Termasuk juga, dia ingin tampil di Toronto, saat Sixers melawan Raptors. 

Namun tim Sixers punya pemikiran lain. Kepala pelatih Sixers Nick Nurse tidak akan membawanya ke Milwaukee dan Toronto. Pelatih Nurse memintanya untuk tetap di Philadelphia, dan berlatih bersama tim afiliasi G League. Menurut Nurse, Harden perlu mengembalikan kondisi fisiknya setelah pergi tanpa pamit. Kemungkinan Harden akan dimainkan pada laga kandang pertama Sixers, menjamu Portland Trail Blazers. 

"Dia akan tetap di sini untuk bekerja di lapangan bersama staf dan pemain afiliasi G-League, sehingga dia siap semaksimal mungkin. James baik-baik saja, dia paham bahwa dia perlu memperbaiki kondisinya," kata Nurse. 

Sementara itu, menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, negosiasi Sixers dan LA Clippers menemui jalan buntu. Clippers tidak berniat meningkatkan nilai tawar mereka, yaitu pilihan pertama di Draft NBA, pertukaran pemain dengan nilai kontrak yang sama dengan Harden. Ternyata tawaran ini dianggap terlalu rendah oleh Sixers. Karena manajemen Sixers menginginkan pemain yang setara secara kemampuan, bukan tentang kontrak dan uang. Oleh karena itu, Harden harus kembali ke Sixers untuk memenuhi kewajiban kontraknya, sebelum ada kesepakatan baru. (*)

Foto: Associated Press

Komentar