IBL

Basket ID memulai langkah awal untuk menggelar liga 3x3 di Indonesia. Mereka mengadakan Road to 3x3 Indonesia League (Road to 3XL). Ini merupakan test event sebelum liga resmi yang bernama 3x3 Indonesia League dimulai pada Oktober atau November 2024 mendatang.

Dalam tahap awal ini Basket ID membuka kategori U-16, U-20, corporate, dan elit. Road to 3XL ini berlangsung dua kali. Pertama pada 7-18 Oktober 2023 di Green Sedayu Mall, Jakarta. Tahap kedua pada Juli-Agustus 2024 yang rencana digelar di luar Jakarta.

Direktur Basket ID Rizky Julian Rifai menjelaskan adanya Road to 3XL ini sebagai bentuk sosialisasi liga 3x3 tanah air. Harapannya saat 3x3 Indonesia League sudah dikenal secara luas saat dimulai tahun depan. PP Perbasi secara resmi telah bekerja sama dengan Basket ID sebagai operator liga 3x3 Indonesia pada Mei lalu.

“Kalau kali buat langsung dan tiba-tiba ada liga 3x3 mungkin tidak banyak yang ikut. Masih ada yang ikut pra PON, LIMA, dan lain-lain. Untuk sekarang ingin mengenalkan ke orang-orang bahwa nantinya akan ada liga 3x3 di Indonesia. Biar orang-orang terbiasa dulu. Sekarang ada eksposurenya, ada live streamingnya,” kata Rizky yang ditemui di sela-sela acara Road to 3XL pada Sabtu (7/10) itu.

Menurut penjelasan Rizky, nantinya 3x3 Indonesia League akan memiliki klub sendiri khusus untuk 3x3. Jika pun ada klub IBL yang ikut, mereka harus menggunakan nama lain atau memiliki “saudara” yang mengikuti liga 3x3. Basket ID sendiri lebih berfokus untuk menjaring klub-klub lokal atau komunitas sebagai peserta.

“Untuk pemain juga. Misalnya ada pemain IBL atau profesional mau ikut itu boleh. Tapi harus harus libur satu tahun dari IBL. Ini agar bisa mendapatkan bakat-bakat baru. Kami lebih fokus ke mereka. Referensinya ke pemain-pemain amatir. Kalau baru banget bermain IBL tidak bisa,” kata Rizky.

3x3 Indonesia League akan memiliki sistem kompetisi penuh. Liga akan berjalan dengan 3 pilihan dengan 5 tim, 8 tim, atau maksimal 12 tim. Mereka akan bertanding selama 6 minggu. Setelah itu diambil tim-tim peringkat atas yang masuk ke babak playoff yang berlangsung di pekan ketujuh. Fase gugur menggunakan konsep unggulan.

“Misalnya ada 12 tim. Nanti mereka bermain 6 minggu untuk mencari (peringkat) klasemen. Lalu pilih peringkat 1-8 dan masuk ke playoff. Nanti pemenangnya akan kami kirim ke event FIBA entah itu challenger atau world tour,” imbuhnya. (rag)

Komentar