IBL

Untuk pertama kalinya, basket 3x3 akan dipertandingan di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Turnamen ini diikuti oleh 20 tim putra dan 16 tim putri. Pertandingan akan berlangsung di Tennis Center Court Senayan mulai 21 hingga 26 Agustus mendatang.

Berikut pembagian peserta di babak penyisihan grup:

Putra
Grup A: Indonesia, Thailand, Cina, Vietnam, Sri Langka
Grup B: Taiwan, Kyrgyzstan, Korea Selatan, Mongolia, Bangladesh
Grup C: Nepal, Yordania, Jepang, Qatar, Maladewa
Grup D: Malaysia, Kazakhstan, Iran, Turkmenistan, Irak

Putri
Grup A: Malaysia, Vietnam, Cina, Qatar
Grup B: Jepang, Taiwan, Mongolia, Nepal
Grup C: Iran, Thailand, Kazakhstan, Maladewa
Grup D: Indonesia, Suriah, Sri Langka, Korea Selatan

Tim basket 3x3 Indonesia diunggulkan bisa mendapatkan medali di Asian Games 2018 nanti. Melihat pembagian grup yang sudah ada, Fareza Tamrella, selaku Manajer Tim 3x3, tidak ingin Indonesia tersandung di babak penyisihan.

Untuk tim putri, Fareza merasa bahwa Korea Selatan patut diwaspadai. Sementara itu, untuk Suriah dan Sri Langka sudah pernah dihadapi di FIBA U23 Nations League.

"Berdasarkan roster yang kami terima. Untuk Suriah dan Sri Langka kami yakin bisa mengambil kemenangan. Tapi kami harus berhati-hati, karena lawan juga sudah pernah bertemu kami di Nations League beberapa bulan lalu. Sedangkan untuk Korea Selatan, akan menjadi laga penentu bagi kami," ucapnya.

Di sisi lain, tim putra Indonesia akan berhadapan dengan Cina, Thailand, Sri Langka dan Vietnam. Kekuatan lawan tim putra sudah diketahui, karena pernah bertanding baik di Test Event Asian Games maupun Nations League juga.

"Kami ingin memenangkan semua pertandingan. Lolos ke babak utama sudah menjadi target kami. Tapi setidaknya, jangan sampai tersandung di babak penyisihan grup," tegas Fareza. (*)

Berikut Jadwal Pertandingan Tim 3x3 Indonesia di Asian Games 2018:

Foto: fiba.com

Komentar