IBL

Breanna Stewart menambah koleksi trofinya. Pemain New York Liberty itu menjadi Most Valuable Player (MVP) WNBA 2023. Ini merupakan gelar MVP kedua bagi pemain yang disapa Stewie tersebut. Ia menggagalkan rekor A’ja Wilson yang nyaris meraih MVP ketiganya.

Perebutan MVP WNBA 2023 ini memang lebih ketat. Stewie hanya unggul tujuh poin dari runner up, Alyssa Thomas (Connecticut Sun). Ini menjadi selisih terkecil dari finalis MVP sepanjang sejarah WNBA.

Stewie mengumpulkan 20 dari 60 suara di posisi pertama dengan nilai 446 poin. Thomas membuntuti dengan 23 suara degan 439 poin. A’ja meraih posisi ketiga dengan 433 poin dan 17 suara.

“Persaingan MVP yang sangat luar biasa di liga ini yang berarti banyak pemain yang bisa melakukan banyak yang yang berbeda,” ujar Stewie dilansir melalui ESPN.

Stewie menghabiskan mayoritas kariernya bersama Seattle Storm sejak 2016. Mereka memenangkan dua kejuaraan pada 2018 dan 2020. Stewie menjadi MVP pada dua Final WNBA tersebut. Ia juga menjadi MVP WNBA 2018.

Pada Februari 2023 lalu, Stewie resmi bergabung dengan Liberty. Musim pertama Stewie dengan Liberty memang luar biasa. Mereka memenangkan Commissioner’s Cup 2023 dan menjadi unggulan kedua musim ini dengan rekor menang-kalah 32-8.

“Ini musim yang luar biasa bagi WNBA, AT (Alyssa Thomas), dan A’ja. Mereka menjalani hal yang hebat musim ini. Dengan hasil ini kami menunjukkan level baru. Kehebatan terpancar dalam berbagai cara. Ini perburuan MVP yang agak gila. Tapi saya senang bisa berdiri di sini hari ini,” kata pemain berusia 29 tahun itu.

Stewie masih memiliki satu misi lagi dengan Liberty. Saat ini mereka miliki kedudukan imbang dengan Connecticut Sun 1-1 di semifinal WNBA 2023. Gim 3 akan berlangsung pada Sabtu WIB. (rag)

Foto: WNBA

Komentar