IBL

Breanna Stewart meninggalkan Seattle Storm. Pemain terbaik 2018 itu bergabung dengan New York Liberty sebagai agen bebas. Hal ini membuat Liberty semakin serius ke perebutan gelar musim depan.

Bulan lalu mereka juga mendatangkan Jonquel Jones, MVP 2021. Stewart dan Jones akan bermain dengan garda Sabrina Ionescu di Liberty, pilihan pertama WNBA Draft 2020.

“Pastinya ini emosi yang campur aduk. Saya memutuskan pergi ke New York karena ingin terus menjadi hebat. Saya ingin pergi ke tempat di mana saya bisa terus membantu liga ini menjadi lebih baik untuk terus meningkatkan standar,” kata Stewart kepada ESPN pada Rabu (1/2) waktu setempat.

Stewart mengawali karier profesionalnya bersama Storm sejak 2016. Pemain berusia 28 tahun itu berasal dari Syracuse, New York dan menjadi pilihan pertama WNBA Draft 2016. Bersama dengan Storm, mereka telah memenangkan dua gelar pada 2018 dan 2020.

Pada WNBA 2022 lalu Storm terhenti di semifinal setelah kalah dari Las Vegas Aces. Stewart sendiri sempat absen selama musim 2019 karena cedera achilles. Di luar WNBA, Stewart bermain untuk Dynamo Kursk, UMMC Ekaterinburg, dan Fenerbahce Safiport.

Selain Liberty, Stewart sempat terlibat pembicaraan dengan Minnesota Lynx dan Washington Mystics. Dengan perginya Stewart, ini menandai berakhirnya era Storm. Apalagi setelah Sue Bird pensiun pada September 2022 lalu.

Tidak hanya pergerakan Liberty, juara bertahan Las Vegas Aces juga membangun super team. Pekan lalu Aces mengumumkan Candace Parker sebagai pemain baru. Parker menghabiskan dua musim terakhir bersama Chicago Sky dan membantu tim tersebut meraih gelar pertamanya pada 2021.

“Candace adalah anggota Hall of Fame di masa depan, seorang juara, dan yang paling penting dia perempuan yang luar biasa. Dia pemain berbakat, pemimpin yang luar biasa, dan bagian yang tak ternilai dalam pencarian kami untuk gelar berikutnya,” kata manajer umum Aces Natalie Williams. (rag)

Foto: WNBA

Komentar