IBL

Damian Lillard tak kunjung mendapat kepastian tentang pertukaran. Di tengah berbagai isu tersebut, Lillard membuat pernyataan mengejutkan. Dari semua tim di NBA, Lillard mengaku tidak akan pernah bergabung dengan Golden State Warriors.

Pernyataan yang agak unik karena Lillard seperti tidak mau “pulang kampung”. Lillard sendiri merupakan pemain yang lahir hingga lulus SMA di Oakland, California. Dimana itu merupakan bagian dari San Francisco, tempat Golden State Warriors berada.

Lillard memiliki alasan tersendiri. Dalam wawancara di podcast It Is What It Is itu, Lillard menghormati capaian Warriors yang meraih empat kali juara dalam delapan musim terakhir.

“Mereka telah memenangkan empat kejuaraan. Apa yang akan saya lakukan dengan hal seperti itu? Ada seseorang yang memainkan posisi saya, di belakang LeBron, pemain terbaik era ini.”

Tetapi Lillard juga melihat ia tidak memiliki kesempatan di Warriors. Tim asuhan Steve Kerr itu sudah penuh dengan bintang. Jika pun bergabung, Lillard bahkan harus berjuang untuk menjadi skuad utama.

“Bagi saya itu bahkan tidak masuk akal. Saya tidak akan pernah melakukan hal seperti itu. Saya akan kalah setiap tahun sebelum saya berangkat (ke Warriors),” kata pemain berusia 33 tahun itu.

Lillard meminta Portland Trail Blazers mengirimnya ke tim lain. Ia memang sudah lelah dengan Blazers yang tak bisa memberinya kesempatan untuk memenangkan gelar. Pilihannya adalah Miami Heat.

Tetapi prosesnya tak kunjung membuahkan hasil. Setelah dua bulan menggantung, Blazers dilaporkan mencari tim lain untuk menukar Lillard.

Situasi Lillard yang menginginkan persaingan juara dikaitkan dengan Kevin Durant. Pada 2016 lalu KD pindah dari Oklahoma City Thunder ke Warriors. Di sanalah akhirnya KD bisa meraih cincin juaranya.

Saat ditanya mengenai situasi tersebut, Lillard memberi jawaban yang bijak. Menurutnya situasi setiap orang tidaklah sama. Ia dan KD pun juga memiliki pertimbangan masing-masing.

“Jika saya berada di posisinya, saya pribadi tidak akan melakukan itu. Saya merasa mereka adalah tim yang kalah. Saya pikir mereka memenangkan (kejuaraan) satu kali sebelum dia berada di sana. Itu bukanlah sesuatu yang akan saya lakukan,” jawab Lillard. (rag)

Foto: NBA

Komentar