IBL

Timnas Amerika Serikat hanya menempati posisi keempat di Piala Dunia FIBA 2023. Kegagalan AS di Manila itu membuat bintang-bintang NBA panas. Mereka siap balas dendam di Paris tahun depan.

LeBron James, Anthony Davis, Devin Booker, Draymond Green, Jayson Tatum, Kevin Durant, hingga Stephen Curry dikabarkan ingin memperkuat AS di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Jika hal itu terjadi, bersiaplah untuk melihat The Redeem Team Jilid II.

Dari laporan Sham Charania dan Joe Vernon pada Senin (11/8) waktu setempat, LeBron memiliki keinginan kuat untuk kembali ke timnas. Pemain Los Angeles Lakers itu terakhir kali tampil di ajang internasional pada Olimpiade London 2012.

Veteran-veteran yang lain juga memiliki keinginan yang sama. Kevin Durant ingin memberi perpisahan yang manis sebelum pensiun dari timnas AS tahun depan. KD merupakan salah satu pemain yang masih tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Dalam tim tersebut juga ada Draymond Green dan Devin Booker.

Yang menarik adalah Stephen Curry. Jika masuk skuad AS tahun depan, ini akan menjadi debut Curry di ajang Olimpiade. Emas Olimpiade merupakan gelar yang belum dimiliki oleh pemain Golden State Warriors itu.

Peluang Curry cukup besar. Sebab, timnas AS saat ini ditangani oleh Steve Kerr, yang juga menjadi pelatih Warriors. Curry terakhir kali tampil saat AS memenangkan Piala Dunia FIBA 2014. Itu merupakan emas terakhir AS di ajang Piala Dunia FIBA.

Kedekatan Kerr dan Curry membuat banyak pihak optimis keduanya akan pergi bersama ke Paris. Dengan catatan Curry dalam kondisi fit. Sebab, dalam beberapa edisi Olimpiade sebelumnya, Curry tidak ikut serta karena cedera.

Tidak hanya itu. AS juga mendekati Joel Embiid. MVP NBA 2022-2023 itu memiliki kewarganegaraan AS dan Prancis. Embiid menjadi rebutan antara kedua negara tersebut. Hanya saja pemain Philadelphia 76ers itu belum memutuskan negara mana yang akan ia bela di Olimpiade Paris 2024 nanti.

Dalam ajang Olimpiade, AS memang lebih serius. Mereka nyaris menjadi juara sejak 1992. Tapi catatan buruk terjadi di Olimpiade Athena 2004. AS “hanya” meraih perunggu. Dari situlah awal mula julukan The Redeem Team yang dipimpin oleh mendiang Kobe Bryant. (rag)

Foto: CBS Sports

Komentar