IBL

Jagad maya dikejutkan dengan laporan dari dua reporter The Athletic, Shams Charania dan Joe Vardon. Mereka memberitakan bahwa Federasi Bola Basket Amerika Serikat (USA Basketball) sudah mengunci lima nama yang akan masuk roster timnas Amerika Serikat proyeksi Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Lima nama tersebut adalah LeBron James, Kevin Durant, Stephen Curry, Joel Embiid, dan Jayson Tatum. 

Jika kelimanya tidak cedera, maka timnas Amerika Serikat akan sangat menakutkan. Karena berisi kumpulan pemain terhebat dalam sejarah NBA. James, KD, Curry, dan Embiid pernah menjadi MVP NBA. Kemudian Tatum saat ini disebut-sebut sebagai kandidat MVP NBA musim 2023-2024. Kalau mereka bersatu, maka Amerika Serikat akan menjadi kekuatan yang sulit ditumbangkan. 

Timnas Amerika Serikat berniat mengincar medali emas Olimpiade kelima berturut-turut di Paris, dan ke-17 secara keseluruhan. Tim ini akan dipimpin oleh kepala pelatih Golden State Warriors Steve Kerr, yang mengambil alih setelah menjabat sebagai asisten di bawah Gregg Popovich di Olimpiade Tokyo. Di kepelatihan, Kerr akan dibantu oleh kepala pelatih LA Clippers Tyronn Lue, kepala pelatih Miami Heat Erik Spoelstra, dan kepala pelatih Gonzaga Mark Few. Dalam pengalaman pertamanya memimpin tim nasional, Kerr membawa timnas Amerika Serikat untuk finis keempat di Piala Dunia Basket FIBA 2023.

Selain kelima pemain tersebut, dikabarkan bahwa garda Boston Celtics Jrue Holiday juga diperkirakan akan masuk dalam daftar 12 pemain tersebut. Holiday dilaporkan adalah pemain yang didambakan USA Basketball. Dia diyakini telah memberikan komitmennya kepada USAB dalam beberapa minggu terakhir. 

"Ofisial tim menghargai kemampuan dua arah Holiday, pertahanan titik serangan, dan playmaking dinamis," kata Charania dan Vardon. "Holiday dianggap sebagai pemain terpenting kedua Amerika Serikat di belakang Kevin Durant, pada saat meraih medali emas di Tokyo pada tahun 2021."

Charania dan Vardon juga melaporkan, jika tidak cedera, maka bintang Phoenix Suns Devin Booker juga diharapkan menjadi bagian dari timnas Amerika Serikat. Begitu juga dengan Anthony Edwards, Tyrese Haliburton, Anthony Davis dan Bam Adebayo. Mereka bisa jadi alternatif pemain yang akan dibawa ke Paris. Dengan begitu banyak talenta yang sudah terdaftar dan masih banyak lagi yang akan datang, Amerika Serikat memiliki peluang besar untuk mencapai hasil yang lebih baik di Paris. (*)

Foto: Hindustani Times

Komentar