IBL

Amerika Serikat menunjukkan kesungguhan mereka dalam menatap Olimpiade 2024 Paris. Berdasarkan laporan bersama dari ESPN dan The Athletic, tim nasional putra Amerika Serikat sudah mengunci 11 dari 12 nama yang akan dibawa ke Paris. Jumlah ini berkurang drastis dari 41 nama yang masuk dalam daftar panjang tim Olimpiade. 

Mereka yang masuk ke daftar 11 nama ini benar-benar bintang utama NBA. Stephen Curry, LeBron James, Kevin Durant, Anthony Davis, Devin Booker, Jayson Tatum, Jrue Holiday, Joel Embiid, Tyrese Haliburton, Anthony Edwards, dan Bam Adebayo. Seluruh pemain ini sudah pernah mencicipi menjadi All Star. Curry, LeBron, Durant, dan Embiid adalah sosok MVP. Tiga nama pertama, plus Davis, dan Holiday juga sudah mencicipi gelar juara NBA. 

Satu slot tersisa dilpaorkan masih diperebutkan oleh barisan bintang NBA lainnya. Nama terdepan untuk satu slot ini adalah Kawhi Leonard. Namun, Paul George, Jalen Brunson, Mikal Bridges, dan Paolo Banchero juga masuk kandidat. Tiga nama yang disebutkan terakhir masuk dalam skuad Piala Dunia FIBA 2023 lalu bersama Haliburton dan Edwards. 

Pun demikian, meihat sejarah timnas Amerika Serikat, peluang untuk membawa pemain muda di skuad Olimpiade sangt terbuka. Muda dalam hal ini adalah pemain yang baru didraft atau pemain kuliahan. Anthony Davis, Shaquille O'Neal, dan Christian Laettner pernah mengisi peran ini.

Pasalnya, Amerika Serikat tak benar-benar punya bintang kampus setinggi tiga nama tersebut. Pemain muda yang mendapat banyak sorotan belakangan ini adalah Cooper Flagg yang baru akan menjalani musim pertamanya di kampus bersam Duke University. Amerika Serikat tak pernah membawa anak sekolahan sebelumnya sejak pemain NBA diperbolehkan berlaga di Olimpiade per 1992.

Amerika Serikat adalah sosok yang digaya di Olimpiade. Dari 19 kali Olimpiade yang mereka ikuti, 16 di antaranya berujung medali emas. Satu kali mereka berakhir dengan perak dan dua sisanya beruung pada perunggu. Terakhir kali Amerika Serikat gagal meraih emas terjadi pada 2004. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar