IBL

USA Basketball mengumumkan daftar pemain (longlist) untuk Olimpiade Paris 2024. Ada 41 pemain top yang masuk dalam daftar tersebut. Seperti LeBron James, Kevin Durant, Stephen Curry, hingga Joel Embiid. Nantinya ada 12 pemain yang akan masuk roster AS di Olimpiade.

Roster timnas AS itu bisa diumumkan pada Mei mendatang. Sedangkan Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024. Faktor kesehatan pemain dan hasil playoff NBA kemungkinan besar akan menentukan siapa 12 pemain yang akan berlaga di Paris, Prancis.

Dari 41 pemain itu, rinciannya ada 13 Olimpian (pemain yang pernah berlaga di Olimpiade). Kemudian 23 pemain yang pernah bermain di Piala Dunia FIBA, 24 pemain yang memenangkan Piala Dunia FIBA, dan 18 pemain yang juara Piala Dunia FIBA junior.

Beberapa nama menarik masuk daftar itu. Seperti yang sudah diketahui, LeBron memang berhasrat untuk tampil lagi di Olimpiade. Ia terakhir kali berseragam timnas AS pada Olimpiade London 2012.

Selain LeBron, ada Olimpian dan veteran yang kembali masuk longlist. Sebut saja Jimmy Butler, Kyrie Irving, Paul George, James Harden, hingga Chris Paul. Yang mengejutkan, Draymond Green tidak masuk dalam daftar. Ia memperkuat AS pada Olimpiade Rio 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Stephen Curry malah belum pernah merasakan atmosfer Olimpiade. Penampilannya di Paris mendatang akan menjadi debut Curry. Begitu halnya dengan Joel Embiid yang memutuskan memilih AS sebagai negara yang ia wakili.

Dari deretan pemain veteran, ada pemain-pemain muda yang tengah naik daun kembali dipanggil. Chet Holmgren masuk daftar timnas senior setelah terakhir berlaga di Piala Dunia FIBA U-19 2021. Kemudian ada Anthony Edwards, Tyrese Haliburton, dan Austin Reaves yang berpotensi masuk roster utama.

Timnas AS telah memenangkan lima emas beruntun Olimpiade mulai dari edisi 2008 di Beijing. Pada Olimpiade Beijing 2008 itu mereka juga dikenal dengan The Redeem Team. Sebab, pada Olimpiade Athena 2004, AS gagal dan “hanya” meraih perunggu.

Hasil Timnas AS di ajang internasional terakhir kurang memuaskan. Tim yang saat ini diasuh oleh Steve Kerr itu pulang tanpa medali di Piala Dunia FIBA 2023 usai kalah dari Kanada dalam perebutan tempat ketiga. (rag)

Foto: Harry How/Getty Images

Komentar