IBL

Hubungan James Harden dan Presiden Klub Philadelphia 76ers semakin memanas. Dalam sebuah acara di Cina pada Senin (14/8), Harden terang-terangan menyebut Morey seorang pembohong. Hal ini merupakan buntut dari Sixers yang tidak memperdagangkan Harden ke klub lain.

“Daryl Morey adalah pembohong dan saya tidak akan pernah menjadi bagian dari organisasi yang menjadi bagiannya. Izinkan saya mengatakannya lagi. Daryl Morey adalah seorang pembohong dan saya tidak akan pernah menjadi bagian dari organisasi dimana dia menjadi bagiannya,” ujar Harden.

Baca juga: Sixers Tutup Pembicaraan Soal James Harden

Beberapa hari lalu Sixers dilaporkan menutup pembicaraan untuk menukar Harden. Mereka berencana membawa The Beard kembali ke pemusatan pelatihan bulan depan. Sixers sendiri tidak menemukan kesepakatan yang cocok untuk menukar Harden.

Sixers telah beberapa kali melakukan pembicaran dengan Los Angeles Clippers, klub yang diinginkan Harden. Namun, tidak ada kesepakatan yang terjadi diantara kedua belah pihak. Sixers tidak mendapatkan tawaran yang memuaskan dari Clippers.

Harden juga tidak senang dengan manajemen Sixers. Ia merasa Sixers tidak memberinya tawaran kontrak level maksimum jangka panjang. Selain itu, Harden juga menganggap Sixers tidak memiliki pola pikir juara.

Sixers hanya menawarkan harden kontrak empat tahun dengan nilai AS$213 juta. Mereka tidak memberi Harden kontrak maksimal karena performanya tidak berada pada level tersebut dalam dua musim terakhir. Di sisi lain Sixers pun juga kesulitan mengarungi babak playoff.

Musim lalu Harden mencatat rata-rata 21 poin 10,6 asis, dan 6,4 rebound. Capaian yang masih di bawah rata-rata terbaiknya atau saat ia masih bermain untuk Houston Rockets.

Harden menyebut Morey pembohong karena sebelumnya Sixers telah menyetujui permintaan pertukaran. Harden mengambil opsi pemain dengan nilai AS$35,6 juta pada Juni lalu. Yang membuat kesepakatan dengan tim lain buntu adalah Sixers meminta nilai transfer yang sangat tinggi.

Jika keadaan ini tidak diselesaikan, Sixers bisa saja mengalami drama Ben Simmons 2.0. Saat itu Simmons menuntut dikirim ke tim lain setelah hubungannya dengan Sixers memburuk. Kebetulan atau tidak, Simmons akhirnya ditukar dengan Harden dari Brooklyn Nets. (rag)

Foto: New York Post

Komentar