IBL

Philadelphia 76ers dilaporkan tidak akan memperdagangkan James Harden menjelang musim 2023-2024, meskipun ada desas-desus bahwa dia meminta dikirim ke klub lain, menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN. Sixers kabarnya tidak ingin lagi membicarakan soal rumor transaksi Harden, setelah tidak menemukan kesepakatan yang cocok. Sixers juga berniat membawa Harden untuk masuk ke kamp pelatihan. 

"Sixers melakukan percakapan di luar musim secara berkala dengan Clippers, sebagai klub tujuan yang diinginkan Harden, tetapi tidak ada daya tarik pada kesepakatan ini," tulis Wojnarowski.

Lebih jauh, Wojnarowski juga mengonfirmasi mengapa Harden tidak senang dengan manajemen Sixers. "Harden tidak senang dengan presiden klub Sixers Daryl Morey atas kurangnya tawaran kontrak level maksimum jangka panjang, kata sumber, dan tim mempertaruhkan kedatangan Harden di kamp pelatihan membawa apa pun kecuali pola pikir juara," tulis Wojnarowski.

Philadelphia sebelumnya setuju untuk mencari potensi perdagangan setelah Harden mengambil opsi pemain senilai 35,6 juta dolar Amerika pada bulan Juni 2023. Namun, Wojnarowski mencatat bahwa harga (nilai transfer) yang diminta di Philadelphia 76ers sangat tinggi dan tidak ada tim yang bersedia memenuhi kesepakatan tersebut.

Harden tampil dalam 58 pertandingan untuk Sixers musim lalu, dengan rata-rata 21,0 poin, memimpin rata-rata liga untuk asis dengan 10,7 asis per gim, dan juga 6,1 rebound per gim. Duet dengan Joel Embiid juga dinamis, sehingga membuat pemain tersebut dinobatkan sebagai MVP liga. Dengan Harden dan Embiid bersatu, Sixers mencetak 120,7 poin per 100 possession.

Masalahnya adalah kebiasaan Sixers yang selalu tersingkir di playoff putaran kedua. Itu membuat Sixers dalam situasi sulit. Sehingga Sixers harus berpikir dua kali untuk menawarkan kontrak maksimal kepada Harden. Akhirnya, manajemen memilih untuk tidak memberikan kontrak maksimal tersebut. Manajemen hanya menawarkan kontrak empat tahun senilai 213 juta dolar Amerika, yang nilainya jauh dari yang diminta oleh Harden. 

Harden akan diberi kesempatan untuk membuktikan bahwa dia layak mendapatkan kontrak maksimal di agen bebas musim panas mendatang. Dan, selalu ada kemungkinan kesepakatan bisa terjadi sebelum batas waktu perdagangan pada bulan Februari 2024. Namun untuk saat ini, The Beard tetap berada di Philly. (*)

Foto: The Sixers Sense

Komentar