IBL

Philadelphia 76ers sampai sekarang belum memberikan keputusan untuk James Harden. Alasannya, sangat sulit menemukan tim yang mau merekrut Harden dengan gaji yang sangat tinggi. Ditambah lagi, Sixers masih berharap Harden akan tampil satu musim lagi, untuk menyelesaikan sisa kontraknya. 

Harden mengaktifkan opsi pemain senilai 35,6 juta dolar untuk musim 2023-2024. Tetapi dia justru meminta untuk dikirim ke tim lain. Tujuan Harden adalah mengincar kontrak yang lebih tinggi dengan tim baru. Dia menginginkan perpanjangan kontrak, bukan kontrak baru saat sudah berstatus "free agent". 

Harden meminta perdagangan ketiga dalam tiga tahun terakhir. Karena sebelum bergabung dengan Sixers, dia pernah mengatakan permintaan yang sama kepada Houston Rockets dan Brooklyn Nets. Lagi dan lagi, masalah Harden adalah gaji. Pemain berusia 33 tahun ini mengincar gaji lebih tinggi, namun bukan dari perpanjangan kontrak "free agent". Karena nilainya akan turun. Harden tahu kalau Sixers tidak akan memberinya gaji tinggi, sebab sudah digunakan untuk mengunci Joel Embiid. 

Masalahnya, pasar untuk James harden sedang lesu. Seperti yang diungkapkan Adrian Wojnarowski dari ESPN, bahwa Daryl Morey , manajer umum Sixers, yang mengenal Harden seperti punggung tangannya, masih berharap untuk berubah pikiran tentang memulai musim 2023-2024 di Philadelphia.

"Saya pikir ada dua kemungkinan arah terkait situasi James Harden. Sixers masih ingin mempertahankannya di Philadelphia untuk musim depan. Mungkin ada cara, seiring berjalannya musim panas, untuk meyakinkannya bahwa mereka bisa memenangkan gelar bersama, bahwa itu bisa berhasil di antara mereka. Tetapi pada saat yang sama, mereka berdiskusi dengan tim lain. LA Clippers sangat tertarik pada Harden," kata Wojnarowski. 

Singkatnya, seminggu setelah James Harden meminta untuk meninggalkan Sixers, semuanya menjadi sangat tenang. Berita Harden seakan tenggelam dengan permintaan Damian Lillard, yang mencoba melepaskan diri dari Portland Trail Blazers. Miami Heat yang awalnya menjadi saingan Clippers untuk mendapatkan Harden, kini mulai memalingkan muka pada Lillard. 

Sementara itu, manajemen Sixers tetap pada pendiriannya. Mereka tidak akan memberikan perpanjangan kontrak kepada Harden, sebelum dia menyelesaikan musim 2023-2024. Mereka mungkin menang untuk saat ini. Karena ketika Harden mengaktifkan opsi pemain untuk musim depan, maka dia harus tetap berada di Sixers. Tetapi Anda tentu ingat bahwa Harden adalah pemain watak. Dia akan melakukan segala cara untuk meluluskan keinginannya. Seperti yang pernah terjadi di Rockets, di mana Harden membuat ulah di awal musim. (*)

Foto: Rappler

Komentar