IBL

Timnas Indonesia menjaga asa untuk melangkah ke semifinal FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B. Indonesia menekuk Malaysia 60-55 pada Senin (14/8) di Nimibutr Stadium, Thailand. Dalam klasemen sementara grup A, Indonesia berada di posisi kedua di bawah Iran.

Pertandingan melawan Malaysia tersebut berjalan sengit. Kedua tim silih berganti keunggulan sebanyak 18 kali. Momentum Indonesia terjadi di empat menit terakhir menjadi penentu kemenangan. Mereka berhasil melaju 6 poin beruntun dan memastikan perlawanan Malaysia berakhir.

Baca juga: Timnas Putri Buka FIBA Women's Asia Cup Division B dengan Kemenangan

Kimberley Pierre-Louis menjadi top skor gim. Ia meraih angka tertinggi dengan dobel-dobel 22 poin dan 12 rebound. Kimberley tampil selama 35 menit. Ia melesakkan 8/16 tembakan. Ia tidak menyia-nyiakan kesempatan 6 tembakan gratis.

Clarita Antonio membantu dengan 11 poin. Dari 4 tembakan yang tepat sasaran, Clarita melakukannya dari garis tripoin sebanyak tiga kali. Sedangkan Agustin Gradita Retong nyaris tak tergantikan. Ia hanya istirahat 2 menit dengan menyelesaikan gim dengan 6 poin, 5 rebound, dan 2 asis.

Dari kubu Malaysia hanya terpaut dengan 21/58 tembakan dibanding Indonesia dengan 22/57 tembakan. Indonesia memanfaatkan keuntungan dengan 80 persen tembakan gratis dari 12/15 kesempatan. Indonesia juga meraih 18 poin dari 24 turnover Malaysia.

Fook Yee Yap memimpin Malaysia dengan 16 poin dan 6 rebound. Fook memiliki akurasi 43,8 persen dari 7/16 tembakan. Magdalen Low bermain selama 29 menit dan mencetak 11 poin 4 rebound serta 3 asis.

Indonesia akan memperebutkan status juara grup di FIBA Women’s Asia Cup 2023 dengan berhadapan dengan Iran besok. Saat ini Iran lebih unggul di klasemen sementara Grup A dengan selisih poin lebih banyak +44. (rag)

Foto: FIBA

Komentar