IBL

Timnas Australia kembali melakukan pencoretan pemain. Kali ini cukup mengejutkan di mana salah satunya, dari dua nama yang dicoret adalah Matthew Dellavedova. Namun anehnya, pelatih timnas Australia menegaskan bahwa tidak akan memanggil Ben Simmons. 

Federasi Bola Basket Australia mengumumkan bahwa Dellavedova dan Will McDowell-White dikeluarkan dari daftar 15 pemain setelah pertandingan melawan Universitas Houston. Sementara itu, pemain debutan milik Houston Rockets, Jock Landale, tidak berpartisipasi dalam uji coba karena cedera. Namun demikian, itu tidak dianggap serius baginya untuk melewatkan Piala Dunia FIBA 2023 mendatang.

"Jock Landale saat ini cedera dengan pergelangan kaki yang tergulung dan kemungkinan besar akan melewatkan pertandingan yang sangat dinantikan di Melbourne tetapi diperkirakan akan pulih sepenuhnya dan menuju ke Jepang," kata federasi.

Komposisi timnas Australia atau Boomers sekarang ada 13 pemain. Mereka adalah Xavier Cooks, Dyson Daniels, Dante Exum, Josh Giddey, Chris Goulding, Josh Green, Joe Ingles, Nick Kay, Jock Landale, Patty Mills, Doup Reath, Matisse Thybulle, Jack White. Sementara itu, dari kepala pelatih timnas Australia, Brian Goorjian, diperoleh kepastian bahwa mereka tidak akan memanggil Ben Simmons, apa pun situasi yang terjadi. 

"Dalam urusan saya dengan Ben, selalu saya bilang ini bukan soal perekrutan," kata pelatih Boomers kepada Olgun Uluc dari ESPN. "Penting bagi kami untuk tidak meminta pertolongan kepadan Ben. Karena kami ingin menjaga tim ini tetap positif."

Foto: The Northern Daily Leader

Simmons, yang tidak pernah bermain untuk timnas Australia sejak 2013, menghadapi kekecewaan karena tidak masuk tim Piala Dunia FIBA 2014, yang menyebabkan hubungannya dengan federasi memanas. Terlepas dari komitmen sebelumnya untuk acara seperti Olimpiade Rio 2016, Piala Dunia FIBA ​​2019, dan Olimpiade Tokyo 2021, Simmons tidak menindaklanjutinya. 

"Ini seperti, Anda luar biasa, dan Anda adalah pemain hebat, dan negara mencintai Anda, dan negara menginginkan Anda dalam warna hijau dan emas, dan tim kami menyukainya," kata Goorjian. "Tapi, pada gilirannya, ini sangat bagus untukmu. Karena kamu bisa berjalan melewati pintu ini dan meninggalkan segalanya dan menjadi dirimu sendiri, dan bermain dengan temanmu dalam budaya yang hebat."

Meski peluang Simmons bergabung dengan tim nasional Australia sudah tertutup untuk Piala Dunia FIBA 2023, namun dia kemungkinan dipanggil tahun depan untuk berlaga di Olimpiade Paris. Ternyata Simmons sendiri pernah mengungkapkan minatnya bermain di Olimpiade. (*)

Foto: Bendigo Advertiser

Komentar