IBL

Ben Simmons akhirnya resmi mengundurkan diri dari tim nasional Australia yang akan berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo. Kepastian ini diumumkan langsung oleh federasi basket Australia melalui rilis resmi. Ben mengabarkan dirinya ingin menghabiskan jeda musim ini untuk mengembangkan ketangkasan individunya (skills development).

"Saya sudah berbicara dengan Ben dan jujur saya ingin dia ada di tim kami. Namun, kami juga mengerti kondisinya dan kami mendukung penuh keputusan yang ia buat. Ia ingin lebih baik lagi di masa mendatang dan siap membela Australia di ajang-ajang selanjutnya," terang Brian Goorjian, Kepala Pelatih Australia.

"Ini adalah masa-masa yang cukup sulit untuk Ben. Saya tahu ia sebenarnya juga ingin membela Australia, tapi waktunya memang tidak tepat. Hal terbaik sekarang adalah ia mengembangkan ketangkasan individunya untu NBA musim depan. Tenang saja, timnas Australia akan selalu ada untuknya. Itu hal yang ingin saya tekankan. Kami, seluruh bagian dari timnas Australia akan mendukungnya secara penuh, selalu," tutupnya.

Sebelum rilis resmi keluar, memang sudah ada laporan bahwa Ben ingin fokus mengembangkan diri. Namun, kala itu belum ada kepastian apakah ia akan bermain di Olimpiade atau tidak. Keputusan ini pun bukanlah sebuah kejutan mengingat segala kritik yang datang ke Ben sepanjang playoff musim ini.

Tidak ada satupun penikmat NBA yang meragukan kehebatan Ben dalam menerobos ke area kunci, menjadi fasilitator, hingga bertahan. Namun, di basket era sekarang, ia juga dituntut untuk menambah ketangkasan, utamanya urusan menembak jarak jauh atau setidaknya tembakan gratis. Ben cukup berantakan di dua hal ini dan menimbulkan beragam spekulasi mengenai masa depannya.

Timnas Australia sendiri sedang melakukan pemusatan latihan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Mereka akan mengikuti mengumpulkan 16 nama yang nantinya akan disaring menjadi hanya 12 nama untuk berlaga di Tokyo. Pemain-pemain NBA juga menghiasi 16 nama ini di antaranya Aron Baynes, Patty Mills, Matthew Delavedova, Josh Green, Dante Exum, Joe Ingles, hingga Matisse Thybulle. Pemain muda Australia yang digadang-gadang akan masuk NBA, Joshua Giddey, juga ada di skuat ini. (DRMK)

Foto: australia.basketball

Komentar