IBL

Ben Simmons berpeluang tampil di FIBA World Cup 2023. Pemain Brooklyn Nets itu dilaporkan akan kembali ke Timnas Australia. Bahkan namanya sudah dimasukkan ke dalam daftar pemain awal Timnas Australia.

Dalam wawancara dengan SEN Radio di Sydney, Pelatih Timnas Australia Brian Goorjian mengatakan sudah berkomunikasi dengan Simmons. Goorjian optimis Simmons bisa kembali berseragam The Boomers pada Agustus mendatang.

“Saya pikir dia terus berpikir untuk semakin sehat, bugar, dan bersiap untuk bermain di FIBA World Cup ini. Ada keadaan yang tidak menguntungkan kepada dia tidak bermain di Olimpiade. Tetapi saya merasa dia bisa kembali lagi ke timnas,” kata Goorjian dilansir melalui ESPN.

Simmons merupakan pemain kelahiran Melbourne. Tetapi tumbuh di Newcastle, New South Wales. Ia tercatat hanya pernah membela Timnas Australia pada satu event. Debut pertama dan penampilan terakhirnya pada FIBA Oceania Championship 2013. Saat itu ia baru berusia 17 tahun. Dalam dua gim Simmons mencetak 4 poin dan ikut merasakan medali emas.

Setelah itu Simmons sebenarnya selalu dipanggil oleh Timnas Australia dalam berbagai ajang. Tetapi selalu saja batal tampil karena berbagai alasan. Terakhir ia batal tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Simmons mundur dari timnas pada Juni 2021 karena ingin fokus pada kariernya di NBA.

Sementara itu Simmons sendiri sudah tidak bermain dalam 23 gim terakhir Nets di musim ini. Ia mengalami cedera punggung dan sedang dalam proses pemulihan. Proses pemulihannya berjalan dengan baik. Namun, belum ada kepastian kapan ia bisa tampil lagi. Musim Nets berakhir setelah disapu bersih Philadelphia 76ers pada babak pertama playoff.

Kepada Daily Telegraph pada Sabtu (6/5), Simmons juga memberi sinyal dia akan tampil untuk Timnas Australia. “Saat ini saya sedang fokus untuk pemulihan cedera punggung. Saya menyukai apa yang dibangun oleh Goorjian dengan Boomers. Saya berharap dapat menjadi bagian dari program itu,” ujarnya.

Australia akan tampil di FIBA World Cup 2023 yang dimulai pada 25 Agustus mendatang. The Boomers tergabung di Grup E bersama Jerman, Finlandia, dan Jepang. Mereka akan tampil di Okinawa Arena, Jepang. (rag)

Foto: NBA, Nets Daily

Komentar