IBL

Tidak ada nama Andrew Wiggins dalam FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Indonesia Arena, Jakarta mulai 25 Agustus nanti. Pemain Golden State Warriors itu tidak masuk 18 pemain yang dipanggil timnas Kanada pada Juli lalu.

Lalu kemanakah Wiggins? Padahal Kanada sendiri menurunkan kekuatan terbaiknya. Mereka memanggil Jamar Murray, Shai Gilgeous-Alexander (SGA), RJ Barrett, Luguentz Dort, hingga Dillons Brooks.

Baca juga: Jamal Murray, SGA, hingga Dillons Brooks Masuk Pemusatan Latihan Timnas Kanada

Dilansir melalui Fadeaway World, pada Desember 2022 lalu Wiggins mengatakan bahwa ia memprioritaskan Warriors. Canada menginginkan komitmen jangka panjang karena mereka mengincar Olimpiade Paris 2024.

“Saya punya anak. Saya punya keluarga. Saya memiliki kehidupan di luar bola basket. Jadi, berkomitmen tiga tahun untuk Warriors dan Kanada itu tidak masuk akan buat saya. Saya menghabiskan seluruh musim bersama Warriors dan musim panas saya yang harus memutuskan,” kata pemain berusia 28 tahun itu.

Timnas Kanada yang saat itu dibesut oleh Nick Nurse (sebelum diganti oleh Jordi Fernandez pada Juni 2023), mengatakan jika pemain tidak berkomitmen tiga tahun membela timnas, jangan harap ada tempat di skuad Olimpiade.

“Saya ingin sekali mereka lolos ke Olimpiade. Tapi saya tidak akan berkomitmen selama tahun. Jika tidak, saya tidak akan merasa kehilangan. Itu menjadi tanggungan mereka,” jelasnya.

Musim lalu Wiggins bermain dalam 37 pertandingan reguler. Ia sempat absen selama 22 gim pada medio Februari-Maret lalu karena ayahnya sedang sakit parah.

Wiggins terakhir kali membela Kanada pada Kualifikasi Olimpiade. Ia turun dalam tiga gim dan memiliki rata-rata 21,7 poin, 6 rebound, dan 2,3 asis.

Melihat roster yang mereka rilis, meski belum roster final, Kanada menjadi kandidat yang diperhitungkan dalam FIBA World Cup 2023. Masuk grup H bersama Prancis, Latvia, dan Lebanon. Jika lolos babak kedua, mereka berpeluang melawan Iran, Spanyol, Pantai Gading, atau Brazil. (rag)

Foto: FIBA

Komentar