IBL

Tim nasional (timnas) Kanada mengumumkan daftar skuad sementara ke FIBA World Cup 2023. Ada 18 pemain yang masuk dalam daftar tersebut. Mereka akan mengikuti pemusatan latihan timnas Kanada. Nantinya ada 12 pemain yang akan dibawa ke Jakarta.

Dari 18 nama tersebut, Kanada juga mencantumkan nama-nama beken. Sepuluh diantaranya merupakan pemain NBA. Sebut saja Jamal Murray yang baru saja menjuarai NBA bersama Denver Nuggets. Kemudian ada Shai Gilgeous-Alexander (SGA), RJ Barret, hingga Dillons Brooks.

Manajer Umum dan Wakil Presiden Eksekutif, Program Senior Timnas Kanada Rowan Barrett mengatakan tim tersebut juga akan mengejar kesempatan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

“Tim akan terdiri dari pemain yang berkomitmen bermain dari musim dingin dan musim panas di skuad Olimpiade. Kami akan membawa keakraban, kontinuitas, dan konsistensi untuk mengejar target kami,” kata Barrett dalam keterangan resminya pada Kamis (13/7) waktu setempat.

FIBA World Cup 2023 akan berlangsung di tiga tuan rumah yaitu Filipina, Jepang, dan Kanada. Event tersebut berlangsung pada 25 Agustus-10 September mendatang. Kanada akan tampil di Indonesia Arena, Jakarta. Rencananya mereka akan tiba di Jakarta pada 20 Agustus.

Dalam FIBA World Cup 2023 nanti, Kanada bergabung dengan grup H. Grup ini cukup menantang. Kanada akan bersaing dengan Prancis, Lebanon, dan Latvia.  Mereka akan mengawali laga perdana melawan Prancis pada 25 Agustus.

Bulan lalu timnas Kanada juga mengumumkan Jordi Fernandez sebagai pelatih baru untuk timnas putra senior. Pemusatan latihan timnas Kanada akan berlangsung di Toronto pada 1-6 Agustus. Kemudian mereka akan menjalani laga pemanasan di Jerman dan Spanyol.

Timnas Kanada akan melawan Jerman pada 9 Agustus di Berlin. Kemudian mengikuti Basketball Supercup ke-34 pada 12-13 Agustus dan bertemu dengan Selandia Baru. Pemenangnya akan melawan Jerman atau Cina.

Kemudian timnas Kanada akan bertolak ke Spanyol mengikuti dua gim eksibisi di Granada. Mereka dijadwalkan bertemu Spanyol pada 17 Agustus lalu Republik Dominika esok harinya. (rag)

 

Daftar Pemain di Pemusatan Latihan Timnas Kanada untuk FIBA World Cup 2023:

Kyle Alexander (Valencia)

Nickeil Alexander-Walker (Minnesota Timberwolves)

RJ Barrett (New York Knicks)

Trae Bell-Haynes (Casademont Zaragoza)

Oshae Brissett (Boston Celtics)

Dillon Brooks (Houston Rockets)

LuGuentz Dort (Oklahoma City Thunder)

Zach Edey (Purdue Boilermakers)

Melvin Ejim (Unicaja)

Shai Gilgeous-Alexander (Oklahoma City Thunder)

Cory Joseph (Golden State Warriors)

Jamal Murray (Denver Nuggets)

Kelly Olynyk (Utah Jazz)

Kevin Pangos (Olimpia Milano)

Dwight Powell (Dallas Mavericks)

Kassius Robertson (Scarborough Shooting Stars)

Phil Scrubb (Niagara River Lions)

Thomas Scrubb (Ottawa Black Jacks)

 

Foto: Sportsnet

Komentar