IBL

Piala Dunia FIBA 2023 akan dimulai besok lusa. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo rencananya akan hadir dalam acara pembukaan yang dimulai pada pukul 19.15 WIB. Acara tersebut berlangsung sebelum tip off antara Kanada vs Prancis pukul 20.20 WIB di Indonesia Arena, Jakarta.

Untuk itu penonton diharapkan datang lebih awal. Para penonton dihimbau masuk stadion pada pukul 18.30 WIB. Dalam keterangan resmi Panitia Lokal (LOC) Piala Dunia FIBA 2023, akan ada penutupan akses masuk saat acara pembukaan tersebut. Ini merupakan protokoler saat presiden menghadiri sebuah acara.

Ketua LOC Piala Dunia FIBA 2023 Budisatrio Djiwandono mengatakan pihaknya menyiapkan upacara pembukaan yang meriah. Dengan datang lebih awal dari jadwal pertandingan, penonton bisa menyaksikan acara hiburan lainnya.

“Ini untuk mengantisipasi adanya penutupan akses masuk pada saat acara pembukaan ini oleh pihak keamanan Istana serta mobilitas penonton yang keluar stadion pada gim pertama,” kata Budi.

Budi menambahkan untuk penonton yang hadir di luar jam yang telah ditentukan akan diminta menunggu di luar hingga acara pembukaan selesai. Akses masuk stadion akan dibuka lagi setelah Jokowi meninggalkan tempat acara.

Enam tim dari dua grup yang berlaga di Indonesia sudah tiba di Jakarta. Lebanon menjadi tim terakhir yang mendarat pada Rabu (23/8) sore. Kanada menjadi tim pertama yang datang. Shai Gilgeous-Alexander dkk tiba di Jakarta pada Senin (21/8) dini hari.

Pertandingan pertama Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia adalah Latvia vs Lebanon. Pertandingan tersebut digelar pada pukul 16.15 WIB. Lalu berlanjut ke acara pembukaan oleh Jokowi. Selanjutnya pertandingan Kanada vs Prancis.

“Kami sudah bersiap beberapa minggu dan persiapan kami bagus untuk Piala Dunia ini. Kami akan memulai dengan melawan tim bagus pada Jumat ini, jadi saya tidak sabar,” kata pemain Prancis Nicolas Batum. (rag)

Foto: LOC Piala Dunia FIBA 2023

Komentar