IBL

Jakarta bakal bergejolak dalam FIBA World Cup 2023. Berdasarkan hasil undian yang digelar di Manila, Filipina pada Sabtu (29/4) itu, Jakarta akan menggelar fase Grup G dan H. Adapun negara-negara unggulan yang masuk dalam undian grup tersebut adalah juara bertahan Spanyol, Prancis dan Kanada (selengkapnya lihat grafis di bawah).

Negara-negara itu akan diperkuat oleh para pemainnya yang berlaga di NBA. Sebut saja Prancis. Calon top draft pick NBA 2023 Victor Wembanyama kemungkinan besar akan ikut serta bersama timnas Prancis bermain di Indonesia Arena, Jakarta. Prancis juga bakal diperkuat Rudy Gobert, Nicolas Batum, hingga Evan Fournier.

Selain itu Joel Embiid, calon MVP NBA musim ini. Embiid sendiri sudah resmi menjadi warga negara Prancis tahun lalu. Embiid yang merupakan pemain asal Kamerun itu memang belum belum pernah berlaga di event internasional. Patut dinantikan debut Embiid bersama timnas Prancis di ajang resmi.

Prancis tergabung di Grup H bersama Kanada, Latvia, dan Lebanon. Kanada juga memiliki barisan pemain-pemain top. Seperti Andrew Wiggins, Shai Gilgeous-Alexander, Jamal Murray, R.J. Barrett, Dillons Brooks, Shaedon Sharpe, hingga Luguentz Dort.

Latvia sendiri merupakan negara debutan di FIBA World Cup. Latvia akan mengandalkan senter Washington Wizards Kristaps Porzingis. Kemudian ada Lebanon yang merupakan finalis FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta. Lebanon akan diperkuat oleh Wael Arakji yang juga pemain terbaik di FIBA Asia Cup tersebut.

Sedangkan persaingan di Grup G tidak kalah menarik. Spanyol sebagai juara bertahan dan tim ranking satu dunia akan membawa skuad terbaiknya. Tim asuhan Sergio Scariolo itu kemungkinan membawa Ricky Rubio, MVP FIBA World Cup 2019 dan juga garda poin Cleveland Cavaliers. Kemudian Guillermo Gustavo Hernangómez dan Juancho Hernangómez.

Spanyol juga memiliki Pau Gasol. Meski sudah pensiun, legenda Los Angeles Lakers itu merupakan FIBA World Cup 2023 Global Ambassador. Kemungkinan besar Gasol juga akan datang ke Jakarta untuk mendukung negaranya.

Brazil juga tidak bisa diremehkan. Mereka tidak pernah absen dalam World Cup. Dari jajaran tim Brazil ada Bruno Caboclo yang saat ini memperkuat Ratiopharm Ulm di Jerman. Caboclo juga pernah menjadi pemain Raptors, Kings, Grizzlis, hingga Rockets.

FIBA World Cup 2023 akan diadakan pada 25 Agustus-10 September mendatang. Ketua Panitia Pelaksana (LOC) FIBA Basketball World Cup 2023 Budisatrio Djiwandono berharap masyarakat bisa datang menyaksikan langsung bintang-bintang basket itu berlaga di tanah air.

“Semua pecinta basket pasti senang dengan hasil undian ini. Kita akan menjadi tuan rumah pertandingan tim-tim dengan bintang-bintang kelas dunia. Ini kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa Indonesia siap sebagai tuan rumah memanggungkan pertandingan-pertandingan besar nanti,” kata Budi dalam keterangan resminya. (rag)

Foto: FIBA

Komentar